Pelaksanaan Evaluasi Ranah Afektif Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas X di MA Darul Falah Sirahan Cluwak Pati Tahun Ajaran 2029/2020.

Ahmad, Ubaidillah (2019) Pelaksanaan Evaluasi Ranah Afektif Pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas X di MA Darul Falah Sirahan Cluwak Pati Tahun Ajaran 2029/2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1.Cover.pdf

Download (716kB)
[img] Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (139kB)
[img] Text
3.DAFTAR ISI.pdf

Download (150kB)
[img] Text
4.BAB I.pdf

Download (385kB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (631kB)
[img] Text
6.BAB III.pdf

Download (186kB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf

Download (645kB)
[img] Text
8.BAB V.pdf

Download (207kB)
[img] Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (193kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui tingkat penguasaan kognitif dan afektif siswa pada pembelajaran Aqidah Akhlak Kelas X MA Darul Falah Sirahan Cluwak Pati (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan teknik evaluasi ranah afektif pembelajaran Aqidah Akhlak kelas X di MA Darul Falah Sirahan Cluwak Pati. Jenis penelitian ini termasuk jenis penelitian field riset.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subjek penelitian yaitu, Kepala madrasah, Waka kurikulum, guru aqidah akhlak, dan peserta didik kelas X. Sumber data terdiri dari sumber data premier dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, dokumentasi dan wawancara. Pengujian keabsahan data meliputi perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Sedangkan teknik analisis data terdiri dari data reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penguasaan kognitif atau pengetahuan siswa-siswi kelas X MA Darul Falah Sirahan Cluwak Pati secara umum terbilang cukup baik, dibuktikan dengan nilai raport maupun nilai ulangan harian siswa yang cukup bagus. Penguasaan afektif atau sikap siswa-siswi kelas X MA Darul Falah Sirahan masih sewajarnya baik, walaupun masih ada siswa ataupun siswi yang memiliki sikap yang masih kurang baik. Hal itu dikarenakan adanya siswa ataupun siswi yang berlatar pendidikan dari SMP yang sebelumnya hanya sedikit mendapatkan pelajaran agama, khususnya pelajaran Aqidah Akhlak, 2) Teknik pelaksanaan evaluasi ranah afektif pada pembelajaran Aqidah Akhlak kelas X di MA Darul Falah Sirahan yaitu, guru hanya menggunakan teknik penilaian antarteman yang dilaksanakan saat akan diadakannya ujian semester dan teknik observasi pada setiap pembelajaran yang sifatnya masih belum dicatat atau di tulis di jurnal penilaian sikap yang sudah disediakan oleh Madrasah. Karena teknik evaluasi ranah afektif yang belum sesuai dengan konsep yang ada, maka ada kesenjangan kognitif dengan afektif siswa, siswa memiliki penguasaan kognitif baik ,namun dalam penguasaan afektifnya masih tidak baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Ranah Afektif , Aqidah Akhlak
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 06 May 2021 07:01
Last Modified: 06 May 2021 07:01
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4125

Actions (login required)

View Item View Item