Al-Qur’an Al-Quddus sebagai Media PembelajaranTahsin Tilawah untuk Peningkatan Kualitas Hafalan Al-Qur’an pada Siswa Kelas VIII MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Gebog Kudus

Hakim, Fauzul (2020) Al-Qur’an Al-Quddus sebagai Media PembelajaranTahsin Tilawah untuk Peningkatan Kualitas Hafalan Al-Qur’an pada Siswa Kelas VIII MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1 COVER-KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (315kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (326kB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (562kB)
[img] Text
5 BAB II.pdf

Download (612kB)
[img] Text
6 BAB III.pdf

Download (349kB)
[img] Text
7 BAB IV.pdf

Download (823kB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (207kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (647kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) Untuk Konsep penggunaan Al-Qur’an Al-Quddus sebagai media tahsil tilawah untuk meningkatkan kualitas hafalan siswa kelas VIII MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan (2) Untuk mengetahui alasan penggunaan Al-Qur’an Al-Quddus sebagai media tahsil tilawah untuk meningkatkan kualitas hafalan siswa kelas VIII MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penggunaan Al-Qur’an Al-Quddus sebagai media tahsil tilawah untuk meningkatkan kualitas hafalan siswa kelas VIII MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Kudus. Penelitian ini menggunakan metode-metode kualitatif, sebuah pendekatan pengumpulan data yang berusaha menguak kualitas sesuatu. Jenis peneliannya adaliah penelitan lapangan (Field research). Subyek Penelitian ini adalah 3 ustadz yang terdiri dari waka kurikulum MTs, koordinator tahfidz dan guru mapel tahfidz, serta 1 santri kelas VIII MTs Tahfidz. Data-data dikumpulkan dengan menggunakan teknik wawancara, dokumentasi dan observasi. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis dengan teknik Data Collection, Data Reduction, dan Data Display. Penelitian berhasil memperoleh temuan, (1) Konsep penggunaan Al-Qur’an Al-Quddus adalah dengan memberikan materi pembelajaran Al-Qur’an yang tedapat pada Al-Qur’an Al-Quddus terlebih dahulu kemudian diprkatikkandengan cara membaca sesuai tajwid, makharijul huruf, sifat huruf dengan menggunakan media belajar mushaf Al-Qur’an Al-Quddus. Setelah itu, siswa diperbolehkan menghafal Al-Qur’an dengan menggunakan media belajar mushaf Al-Qur’an Al-Quddus. Bentuk peningkatan Hafalan Siswa adalah perolehan hafalan siswa yang kualitas dan kauntitas hafalan mencapai target. (2) Alasan penggunaan Al-Qur’an Al-Quddus sebagai media pembelajaran tahsin tilawah untuk peningkatan kualitas hafalan pada siswa kelas VIII MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Menawan Gebog Kudus adalah kelengkapan Al-Qur’an Al-Quddus yang dapat memaksimalkan pembelajaran tahfidz untuk mencapai tujuan pembelajaran dan praktis mudah mudah digunakkan. (3) Faktor pendukung adalahdalam adanya dukungan penuh dari pihak madrasah. Dukungan penuh dari pihak madrasah dan para ustadz, tampilan Al-Qur’an Al-Quddus yang lengkap mulai pengaturan halaman (penulisan banyak ayat), penulisan awal ayat di pinggir halaman untuk memudahkan menghafal sampai dengan keterangan bacaan pada ayat-ayat (gharib) setiap halaman. Adapun salah satu yang menjadi faktor penghambat dalam penerapan tahsin tilawah dalam penelitian ini adalah faktor internal anak, yaitu kurangmya minat siswa, kecapekan dan kurangnya kedewasaan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Al-Qur’an Al-Quddus, Tahsin Tilawah, Kualitas Hafalan Al-Qur’an.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 May 2021 02:49
Last Modified: 07 May 2021 02:49
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4129

Actions (login required)

View Item View Item