Cahyono, Ahmad Lukki Indra (2020) Implementasi Program One Day One Ayat dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Al-Qur’an Siswa di MI NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (145kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (313kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (350kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (625kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (347kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (516kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (277kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (290kB) |
Abstract
Pembelajaran Al-Qur’an sangat penting di era sekarang, mengenalkan Al-Qur’an dapat diterapkan kepada anak dengan cara membaca Al-Qur’an walaupun satu hari satu ayat. Tetapi kenyataannya di era sekarang bahwa anak lebih senang bermain gadget atau menonton televisi dibandingkan membaca Al-Qur’an. Oleh karena itu, madrasah sebaiknya memberikan fasilitas pembelajaran Al-Qur’an untuk membantu siswa agar dapat mengaji dengan rutin dan dapat membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Salah satu madrasah yang memberikan fasilitas tersebut adalah MI NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus, program kegiatan pembelajaran Al-Qur’an di sini disebut dengan program One Day One Ayat. Penelitian ini lebih difokuskan pada penerapan program One Day One Ayat dan keterampilan membaca Al-Qur’an siswa di MI NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan cara mereduksi data yang tidak relevan, memaparkan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan program One Day One Ayat di MI NU Miftahut Tholibin Mejobo Kudus diperlukan persiapan dan perencanaan yang matang meliputi rapat koordinasi, pendataan, dan sosialisasi kepada wali murid. Program ini dilaksanakan di serambi Masjid Al-Ma’wa selama empat hari dalam seminggu yaitu hari Senin, Selasa, Rabu, dan Kamis mulai pukul 07.00-07.25 WIB. (2) Setelah program One Day One Ayat dilaksanakan selama beberapa bulan, keterampilan membaca Al-Qur’an siswa di sini bisa dikatakan meningkat karena siswa sudah memenuhi empat indikator keterampilan membaca Al-Qur’an yaitu ketepatan pada pembacaan tajwid dan makhrajnya, kefasihan dan kelancaran dalam membaca Al-Qur’an. (3) Dalam pelaksanaan program ini terdapat dua faktor yang mempengaruhi, yaitu faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung program ini adalah respon siswa yang positif, antusiasme dari wali murid, sarana dan prasarana yang mendukung, dan adanya Ustadzah yang kompeten. Adapun faktor penghambat dalam pelaksanaan program ini adalah waktu yang kurang mencukupi dan dana atau anggaran yang terbatas. (4) Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data diperoleh temuan penelitian bahwa salah satu upaya yang dapat dilaksanakan oleh lembaga pendidikan khususnya SD/MI dalam meningkatkan keterampilan membaca Al-Qur’an siswa adalah dengan melaksanakan suatu program atau kegiatan pembelajaran Al-Qur’an, misalnya adalah program One Day One Ayat. Program ini dapat dilaksanakan oleh SD/MI karena tidak terlalu memberatkan beban siswa di sekolah karena siswa hanya dibebankan membaca Al-Qur’an satu hari satu ayat saja. Program ini juga dapat dilaksanakan dengan jumlah peserta yang cukup banyak karena satu siswa hanya membaca satu ayat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerapan Program, One Day One Ayat, Keterampilan Membaca Al-Qur’an. |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 07 May 2021 04:13 |
Last Modified: | 07 May 2021 04:13 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4142 |
Actions (login required)
View Item |