Implementasi Nilai-Nilai Toleransi Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas II-TBSM SMK Diponegoro Juwana Tahun Pelajaran 2019/2020

Nikmah, Fatikhatun (2020) Implementasi Nilai-Nilai Toleransi Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas II-TBSM SMK Diponegoro Juwana Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (343kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (276kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (546kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (746kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (311kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (356kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (375kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki tiga pokok tujuan sebagai berikut: 1) Untuk mengetahui nilai-nilai toleransi yang dipraktikkan di SMK Diponegoro Juwana, 2) Untuk mengetahui pembelajaran pendidikan agama Islam di SMK Diponegoro Juwana. 3) Untuk mengetahui implemenentasi nilai-nilai toleransi melalui pembelajaran pendidikan agama Islam kelas II-TBSM SMK Diponegoro Juwana tahun pelajaran 2019/2020.. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field research), kemudian pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitaif yaitu peneliti langsung terjun ke lapangan (lokasi penelitian) untuk melakukan penelitian dan mengumpulkan informasi. Adapun subyek dari penlitian ini adalah guru pendidikan agama Islam SMK Diponegoro Juwana, kepala sekolah,waka kesiswaan, siswa non-muslim dan siswa muslim kelas II-TBSM SMK Diponegoro Juwana, serta karyawan SMK Diponegoro Juwana. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan penelitian ini yaitu perpanjangan pengamatan, triangulasi, mengunakan bahan referensi, dan member check. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan reduksi data, data display, dan verifikasi Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Nilai-nilai toleransi di SMK Diponegoro Juwana telah dipraktikkan dengan baik. 2) Pembelajaran pendidikan agama Islam telah terselenggara dengan baik. Siswa sudah mampu melaksanakan ajaran agama dengan baik, nilai-nilai agama juga diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 3) Implementasi nilai-nilai toleransi melalui pembelajaran pendidikan agama Islam kelas II-TBSM SMK Diponegoro Juwana lebih terlaksana dengan baik, hal ini dilaksanakan dengan melalui tiga tahap, yaitu (a) perecanaan pembelajaran, nilai-nilai toleransi diintegrasikan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) materi “Toleransi sebagai pemersatu bangsa” yang telah disusun. (b) pelaksanaan pembelajaran, implementasi nilai-nilai toleransi diintegrasikan melalui kegiatan awal, kegiatan inti, dan penutup. (c) penilaian hasil pembelajaran, siswa kelas II-TBSM SMK Diponegoro Juwana berhasil memahami pelaksanaan nilai-nilai toleransi melalui pembelajaran pendidikan agama Islam dengan nilai dari masing-masing siswa diaatas KKM. Siswa juga melaksanakan nilai-nilai toleransi baik dalam pembelajaran ataupun diluar jam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Toleransi, Karakter, Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 May 2021 03:30
Last Modified: 10 May 2021 03:30
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4155

Actions (login required)

View Item View Item