Gerakan Literasi Madrasah (Gelem) Dalam Menumbuhkan Minat Baca Buku Islami Tahap Pembelajaran Siswa Di Ma Nu Ma’arif Kudus Tahun 2019/2020

Masithoh, Siti (2020) Gerakan Literasi Madrasah (Gelem) Dalam Menumbuhkan Minat Baca Buku Islami Tahap Pembelajaran Siswa Di Ma Nu Ma’arif Kudus Tahun 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (436kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (365kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (557kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (479kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (907kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (363kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (450kB)

Abstract

Gerakan literasi madrasah (Gelem) merupakan turunan dari gerakan literasi sekolah (GLS) yakni usaha menyeluruh dalam menjadikan warga madrasah sebagai masyarakat pembelajar yang dilakukan semua pihak. Tujuan penelitian: 1)Untuki mengetahui implementasi gerakan literasi madrasah (Gelem) di MA NU Ma’arif Kudus tahun 2019/2020 2)Untuk mengetahuii faktor yang mendukung dan menghambat implementasi gerakan literasi madrasah (Gelem) dalam menumbuhkan minat baca buku islami tahap pembelajaran di MA NU Ma’arif Kudus tahun 2019/2020 3)Untuk mengetahui sejauh mana hasil gerakan literasi madrasah (Gelem) dalam menumbuhkan minat baca buku islami tahap pembelajaran di MA NU Ma’arif Kudus tahun 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian campuran (mix method) yang diperoleh dari observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Penyajian data ini nantinya akan dianalisis dan didukung dengan pendapat para narasumber penting yaitu: Kepala madrasah, petugas perpustakaan, guru mapel bahasa Indonesia, serta siswa-siswi MA NU Ma’rif Kudus. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan mengarah kepada kesimpulan yaitu: 1) Implementasi gerakan literasi madrasah (GELEM) di MA NU Ma’arif Kudus, dilaksanakan dalam seminggu sekali yang sudah dijadwalkan di jadwal KBM peserta didik dilakukan 1 Jam 45 Menit-2 Jam 2) Faktor pendukung: Sarana prasarana memadai, ketersediaan buku baca lengkap, peningkatan reward. Faktor penghambat: Waktu kurang efisien, Penambahan buku belum meningkat, kondisi kelas tidak kondusif 3) Gerakan literasi madrasah (Gelem) dalam menumbuhkan minat baca buku Islami tahap pembelajaran menunjukkan bahwa buku Islami adalah buku yang paling banyak dipilih oleh siswa untuk mencari informasi dan pengetahuan Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Gerakan Literasi, Madrasah, Tahap Pembelajaran
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 May 2021 03:37
Last Modified: 10 May 2021 03:37
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4156

Actions (login required)

View Item View Item