Mamnuah, Mamnuah (2020) Implimentasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Mind Mapping Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pelajaran SKI Kelas X Di MA Takhassus Al-Qur’an Serangan Bonang, Bonang Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (5MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (691kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (612kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (998kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (659kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian yang penulis lakukan ini adalah untuk mengetahui: (1) Metode Mind Mapping untuk mendapatkan keaktifan belajar pada pembelajaran SKI. (2) Faktor pendukung dan penghambat implementasi metode Mind Mapping untuk mendapatkan keaktifan belajar peserta didik pada pembelajaran SKI. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif. Pengambilan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Pengambilan sampling informan menggunakan teknik non-probability sampling. Penentuannya menggunakan purposive sampling. Jumlah informan penelitian ini sebanyak empat informan yaitu kepala madrasah, waka kurikulum, guru SKI, peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode mind mapping, mampu meningkatkan keaktifan Peserta didik di dalam kelas. Hal ini terlihat. Pertama pendahuluan, guru wajib mengucapkan salam ketika masuk ke dalam kelas. Kedua kegiatan inti, guru memerintahkan Peserta didik untuk belajar tentang apa yang sudah diterangkan, selanjutnya membentuk kelompok yang terdiri 5 sampai 6 peserta didik, kemudian guru menyiapkan peralatan: kertas pelangi, laptop, doubletip, Gunting, sepidol dll. Setelah itu memberikan penjelasan secara singkat kepada peserta didik, lalu guru menyuruh untuk berdiskus, Peserta didik kompak bekerja sama untuk membuat peta konsep, kemudian menyampaikan hasil diskusi didepan peserta didik lainnya, dan memberi peluang bagi peserta didik lain yang ingin mengajukan pertayaan, setelah ada yang bertanya dari kelompok lain, pertayaan di simpan dulu dan didiskusikan bersama kelompokya, jadi semua anggota kelompok kompak dan aktif untuk berfikir bersama dan kreatif ketiga guru selalu menyimpulkan materi bersama peserta didik, mengajukan pertanyaan, memberikan umpan balik kepada peserta didik, keempat evaluasi, guru menyuruh peserta didik untuk membuat peta konsep/peta pemikiran yang sudah dipelajari, Adapun yang menjadi faktor pendukung: Tingkat kesiapan dan kemampuan guru, peserta didik , kondisi kelas, dan sarana dan prasarana yang memadai. Faktor penghambat: peserta didik berasal dari latar belakang yang berbeda, baik kecerdasan, modalitas yang dimilki, maupun latar belakang sosial, ekonomi, kurang percaya diri dan peserta didik kurang enggan berbaur dengan peserta didik lainnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Mind Mapping, Keaktifan Belajar. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 17 May 2021 07:38 |
Last Modified: | 17 May 2021 07:38 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4168 |
Actions (login required)
View Item |