LAYANAN KONSELING INDIVIDU UNTUK MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MA’ARIF TUNJUNGAN BLORA.

NOVATAMA, SHELLY GAZELA (2016) LAYANAN KONSELING INDIVIDU UNTUK MEMBENTUK AKHLAKUL KARIMAH PESERTA DIDIK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MA’ARIF TUNJUNGAN BLORA. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (10kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (13kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (48kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (146kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (33kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (139kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (18kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (20kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1. Untuk mengetahui metode-metode pelaksanaan layanan konseling individu untuk membentuk akhlakul karimah peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan Ma’arif Tunjungan Blora. 2. Untuk mengetahui pelaksanaan layanan konseling individu untuk membentuk akhlakul karimah peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan Ma’arif Tunjungan Blora. 3. Untuk mengetahui pentingnya layanan konseling individu untuk membentuk akhlakul karimah peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan Ma’arif Tunjungan Blora. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan field research (penelitian lapangan) yaitu suatu penelitian atau penyelidikan lapangan untuk memperoleh data atau informasi dengan mengamati responden. menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian Kualitatif bersifat deskriptif, yaitu data yang terkumpul berbentuk kata-kata, gambar bukan angka-angka. Menggunakan metode pengumpulan data dengan cara observasi, interview dan dokumentasi. Dengan menggunakan analisis data yang diperoleh dari proses mencari dan menyusun secara sitematis data yang diperoleh dari hasil wawancara, catatan lapangan, dan bahan-bahan lain, sehingga dapat mudah dipahami, dan temuannya dapat diinformasikan kepada orang lain. Analisis melalui reduksi data, penyajian data dan melakukan verifikasi yaitu penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa 1. Metode-metode pelaksanaan layanan konseling individu untuk membentuk akhlakul karimah peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan Ma’arif Tunjungan Blora adalah dengan metode yang digunakan yaitu metode nasehat, metode diskusi/tanya jawab, metode pemberian hukuman (efek jera). 2. Pelaksanaan layanan konseling individu untuk membentuk akhlakul karimah peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan Ma’arif Tunjungan Blora yaitu dengan melalui beberapa cara antara lain identifikasi masalah, diagnosis, pemberian bantuan, evaluasi dan tindak lanjut, dan pembuatan laporan. 3. Pentingnya layanan konseling individu untuk membentuk akhlakul karimah peserta didik Sekolah Menengah Kejuruan Ma’arif Tunjungan Blora. Bahwa layanan konseling individu penting dilakukan agar secara mudah menggali informasi secara pribadi dan lebih mendalam terhadap permasalahan peserta didik. Penanganannya dalam layanan konseling individu pun secara insidental yaitu proses pembinaan yang sewaktu-waktu ketika dibutuhkan. Diharapkan dengan melalui metode-metode tersebut dan pelaksanaan layanan konseling individu terwujud dengan baik dan guru BK dengan mudah memberikan konseling individu untuk membentuk akhlakul karimah terhadap peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Layanan Konseling Individu, Akhlakul Karimah
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Divisions: Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 05 Feb 2017 03:25
Last Modified: 05 Feb 2017 03:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/417

Actions (login required)

View Item View Item