Pengaruh Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Kedisiplinan Siswa di MI NU Darul Hikam Kalirejo Undaan Kudus

Habibi, Nor Ahsan (2019) Pengaruh Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Terhadap Kedisiplinan Siswa di MI NU Darul Hikam Kalirejo Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (22MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (3MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Mata pelajaran aqidah akhlak sebagai bagian integral dari pendidikan agama Islam memang bukan satu-satunya factor yang menentukan dalam pembentukan watak dan kepribadian siswa. Tetapi secara subtansional mata pelajaran aqidah akhlak memiliki kontrubusi dalam memberikan motivasi kepada siswa untuk mempraktikkan nilai-nilai keyakinan keagamaan dan akhlakul karimah dalam kehidupan sehari-hari terutama dalam hal kedisiplinan. Penerapan sikap disiplin terhadap siswa merupakan hal sangat penting, maka diharapkan sikap disiplin bisa menjadi budaya dan kebiasaan para siswa. Tujuan umum penelitian pendidikan adalah untuk menemukan, mengembangkan dan menguji kebenaran suatu pengetahuan, konsep, prinsip, dan generalisasi tentang pendidikan, baik berupa teori maupun dalam bidang pendidikan. Dengan demikian, tujuan penelitiannya adalah untuk memperoleh data empiric tentang pengaruh prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak terhadap kedisiplinan siswa di MI NU Darul Hikam Kalirejo Undaan Kudus.. Metode pengumpulan data diperoleh melalui angket yang diberikan kepada responden Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Penelitian ini mengambil tempat di MI NU Darul Hikam Kalirejo Undaan Kudus. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dan dalam pengambilan data responden karena populasi dalam penelitaian ini jumlahnya kurang dari 100, maka peneliti mengambil semuanya sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Jadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V dan VI MI NU Darul Hikam Kalirejo Undaan Kudusyang berjumlah keseluruhan adalah 78 siswa. Data yang akan diteliti dengan kuantitatif adalah data tentang prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak dan kedisiplinan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak pada siswa di MI NU Darul Hikam Kalirejo Undaan Kudus adalah dalam kategori cukup baik, hal tersebut dilihat dari hasil yang menunjukkan nilai rata-rata sebesar 72,25 yang masuk dalam interval 66 – 76, artinya prestasi belajar siswa cukup baik dan dapat mempengaruhi tingkat kedisiplinan siswa. (2) Kedisiplinan siswa MI NU Darul Hikam Kalirejo Undaan Kudus adalah dalam kategori cukup baik, hal tersebut dilihat dari hasil yang menunjukkan nilai rata-rata 70,26 yang masuk dalam interval 62 – 72, artinya tingkat kedisiplinan siswa cukup baik karena dilatar belakangi prestasi belajar aqidah akhlak. (3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak terhadap kedisiplinan siswa di MI NU Darul Hikam kalirejo undaan kudus dengan persamaan regresi Y = 26,182 + 0,636x dan diketahui nilai Freg = 103,92. Bila dibandingkan dengan Ftabel dengan taraf signifikansi 5% sebesar 3,96, maka nilai Freg lebih besar dari nilai Ftabel (103,92 > 3,96), jadi Ha yang menyatakan terdapat pengaruh yang signifikan antara prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak terhadap kedisiplinan siswa di MI NU Darul Hikam Kalirejo Undaan Kudus diterima. Kemudian diperoleh nilai koefisien korelasi sebesar 0,76 ketika dikonsultasika dengan rtabel = 76 dengan taraf signifikansi 5% sebesar (0,2227) hasilnya menunjukkan rxy lebih besar dari rtabel berarti signifikan, artinya bahwa terdapat pengaruh yang positif antara prestasi belajar mata pelajaran aqidah akhlak terhadap kedisiplinan siswa di MI NU Darul Hikam Kalirejo Undaan Kudus. Sehingga terdapat nilai koefisien determinasi antara variabel X terhadap variabel Y sebesar 57,7%. Artinya variabel X mempunyai pengaruh terhadap variabel Y dengan nilai sebesar 57,7%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Prestasi Belajar Mata Pelajaran Aqidah Akhlak, Kedisiplinan Siswa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 17 May 2021 08:39
Last Modified: 17 May 2021 08:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4173

Actions (login required)

View Item View Item