Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Menyimpang (Akhlak) Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Undaan Kudus

Karomah, Yulia Niswatul (2020) Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Menyimpang (Akhlak) Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Undaan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (349kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (477kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (546kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (693kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (879kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (268kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (296kB)

Abstract

Latar belakang dalam penelitian ini bahwa pendidikan akhlak sangat penting diberikan mengingat perkembangan zaman, ilmu dan teknologi. Pendidikan akhlak dapat dilakukan dengan cara pembiasaan, artinya proses penanaman kebiasaan dapat dilakukan sejak kecil dengan cara melakukan sesuatu yang baik secara berulang-ulang dan bertahap. Pembinaan akhlak yang diberikan madrasah kepada peserta didik diharapkan dapat menjadikan peserta didiknya mampu mengantisipasi agar tidak bertingkah laku menyimpang. Namun realitanya banyak peserta didik yang melakukan penyimpangan yang terjadi dikalangan pelajar, khususnya di lingkungan madrasah. Hal tersebut merupakan bentuk dari penurunan akhlak dalam diri peserta didik. Rendahnya akhlak peserta didik selain disebabkan oleh lingkungan juga dipicu oleh keadaan pendidikan yang proses pembelajarannya lebih berorientasi pada kemampuan intelektual peserta didik saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media sosial terhadap perilaku menyimpang (akhlak) siswa di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Undaan Kudus. Metode penelitian ini adalah Kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research), dimana penelitian ini menekankan analisis pada data yang diolah dengan menggunakan metode statistik. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 30 responden yang diambil dari siswa Madrasah Ibtidaiyah di kecamatan Undaan Kudus dengan katentuan siswa yang mempunyai perilaku menyimpang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sosial memberikan kontribusi sebesar 35,7% terhadap perilaku menyimpang (akhlak) siswa. Penggunaan media sosial terhadap perilaku menyimpang (Akhlak) siswa dengan nilai thitung > ttabel (3,328 > 1,645), nilai signifikansi 0,002 dan taraf signifikansi 0,05, sehingga nilai Sig < 0,05, maka H0 ditolak atau Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sosial berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku menyimpang (Akhlak) siswa di Madrasah Ibtidaiyah Se-Kecamatan Undaan Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Sosial, Perilaku Menyimpang (Akhlak).
Subjects: Sosial > Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 18 May 2021 01:57
Last Modified: 18 May 2021 01:57
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4182

Actions (login required)

View Item View Item