Qosim, Abdul (2019) Peran Kepala Madrasah Sebagai Leader dan Supervisor dalam Meningkatkan Mutu Pendidik di Madrasah Tsanawiyah Kertomulyo Trangkil Pati (Studi Kasus Implementasi Konsep Kepemimpinan Transformatif Kepala Madrasah dalam Supervisi Akademik di Madrasah). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
FILE 1-HALAMAN AWAL.pdf Download (1MB) |
|
Text
FILE 2-ABSTRAK.pdf Download (686kB) |
|
Text
FILE 3-DAFTAR ISI.pdf Download (658kB) |
|
Text
FILE 4-BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
FILE 5-BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
FILE 6-BAB III.pdf Download (825kB) |
|
Text
FILE 7-BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
FILE 8-BAB V.pdf Download (691kB) |
|
Text
FILE 9-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (482kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk mengetahui peran pelaksanaan kepemimpinan transformatif kepala sekolah bagi kinerja pendidik di MTs Shiratul Ulum Kertomulyo Trangkil Pati, (2) Untuk mengetahui upaya kepala sekolah sebagai supervisor untuk menanggulangi hambatan dalam pelaksanaan kepemimpinan transformatif kepala sekolah di MTs Shiratul Ulum Kertomulyo Trangkil Pati, (3) Untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kepala sekolah sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu pendidik di MTs Shiratul Ulum Kertomulyo Trangkil Pati. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang informasinya diperoleh dengan mendiskripsikan fenomena-fenomena yang ada. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumen. Pada penelitian ini peneliti melakukan wawancara kepada kepala sekolah, waka kurikulum, dan guru di MTs Shiratul Ulum Kertomulyo Trangkil Pati. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) peran pelaksanaan kepemimpinan transformatif kepala Madrasah MTs Shiratul Ulum adalah baik, hal ini dilihat dari: a) Kepala Madrasah berupaya meningkatkan kualitas pendidik, b) kepala Madrasah menciptakan iklim madrasah yang damai, c) kepala sekolah memberikan bimbingan dan pengarahan, d) kepala Madrasah update dalam memberikan informasi, e) kepala Madrasah membangun komunikasi. (2) Upaya kepala Madrasah sebagai supervisor untuk menanggulangi hambatan dalam pelaksanaan kepemimpinan transformatif, hal ini dilihat dari a) Kepala Madrasah memberikan motivasi, b) Kepala Madrasah elakukan koordinasi secara intens kepada para pendidik, c) Kepala Madrasah menerapkan disiplin dan bertindak tegas terhadap tata tertib, d) Kepala sekolah mengadakan evaluasi. (3) Faktor yang mempengaruhi kepala Madrasah sebagai supervisor dalam meningkatkan mutu pendidik yaitu: a) Keadaan guru dan tenaga kependidikan, b) Lingkungan masyarakat di madrasah, c) Kecakapan dan keahlian kepala Madrasah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepala Madrasah, Mutu Pendidik, Kepemimpinan Transformatif |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 May 2021 04:03 |
Last Modified: | 18 May 2021 04:03 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4190 |
Actions (login required)
View Item |