Implementasi Supervise Pendidikan Tipe Klinis Dalam Meningkatkan Profesionalitas Kerja Guru di MTs Negeri 2 Kudus

Laili, Alina Zumala (2020) Implementasi Supervise Pendidikan Tipe Klinis Dalam Meningkatkan Profesionalitas Kerja Guru di MTs Negeri 2 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (191kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (126kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (329kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (454kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (229kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (276kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)

Abstract

Peningkatan mutu pendidikan ditentukan oleh kesiapan sumber daya manusia yang terlihat dalam proses pendidikan. Guru merupakan salah satu faktor penentu tinggi dan rendahnya mutu hasil pendidikan mempunyai posisi strategis maka setiap usaha peningkatan mutu pendidikan perlu memberikan perhatian besar kepada peningkatan guru dalam segi jumlah maupun mutunya.. Dalam hal ini guru bukan hanya merumuskan tujuan umum dan tujuan khusus pembelajaran, tapi guru juga harus mampu merumuskan tujuan pembelajaran.untuk mengembangkan keprofesionalisme guru perlu adanya layanan supervisi yang dilakukan kepala sekolah, dengan cara membina, membimbing, pada saat guru mengalami kesulitan dalam kegiatan belajar mengajar. Sehubungan dengan hal itu maka pelaksanaan supervisi pendidikan tipe klinis yang terjadi di MTs Negeri 2 Kudus perlu di tingkatkan dan dimaksimalkan agar para guru bisa lebih profesional baik ketika guru dalam menjalankan kegiatan belajar serta dalam mengevakuasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk mengetahui kegiatan supervise pendidikan tipe klinis 2) untuk mengetahui apa saja hasil dari kegiatan supervisi pendidikan tipe klinis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa datanya adalah deskriptif kualitatif. Menetapkan keabsahan datanya dalam penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi data sebagai bahan pembanding dan analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). untuk mengetahui kegiatan supervise pendidikan tipe klinis 2) untuk mengetahui apa saja hasil dari kegiatan supervisi pendidikan tipe klinis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan supervise pendidikan
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 19 May 2021 02:22
Last Modified: 19 May 2021 02:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4203

Actions (login required)

View Item View Item