Makmun, Sukron (2016) PENERAPAN METODE EDUTAINMENT MELALUI HUMANIZING THE CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI KELAS XI MA YPI KLAMBU KECAMATAN KLAMBU KABUPATEN GROBOGAN TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, Stain Kudus.
Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 4 BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 5 BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 6 BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 7 BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 8 BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui hal yang melatarbelakangi diterapkannya metode Edutainment melalui Humanizing The Classroom Pada Mata Pelajaran Fiqih di kelas XI MA YPI Klambu. (2) Untuk mengetahui pelaksanaan metode Edutainment melalui Humanizing The melalui Classroom Pada Mata Pelajaran Fiqih di kelas XI MA YPI Klambu. (3)Untuk mengentahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode Edutainment melalui Humanizing The Classroom Pada Mata Pelajaran Fiqih di kelas XI MA YPI Klambu. (4) Untuk mengetahui hasil belajar peserta didik setelah diterapkan metode Edutainment melalui Humanizing The Classroom Pada Mata Pelajaran Fiqih di kelas XI MA YPI Klambu. Metode dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif survey. Data yang dikumpulkan berupa hasil wawancara serta dokumen atau laporan hasil belajar. Sumber data dalam penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, Guru Mata Pelajaran Fiqih dan peserta didik MA YPI Klambu. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah (1) Latarbelakang diterapkannya metode Edutainment melalui Humanizing The Classroom Pada Mata Pelajaran Fiqih di kleas XI MA YPI Klambu adalah pemanfaatan ruang kelas yang tersedia secara maksimal. (2) Pelaksanaan metode Edutainment melalui Humanizing The Classroom Pada Mata Pelajaran Fiqih di kelas XI MA YPI Klambu sudah berjalan dengan baik khususnya pelaksanaan pada mata pelajaran Fiqih telah menerapkan kebebasan berfikir dan rasa nyaman dalam proses pembelajaran. (3) faktor penghambat yang dihadapi dalam penerapan metode Edutainment melalui Humanizing The Classroom Pada Mata Pelajaran Fiqih di kelas XI MA YPI Klambu berasal dari faktor eksternal dan internal adapun faktor eksternal dari Wali murid kurang mendukung proses belajar di rumah sehingga hal tersbut menjadikan kurang terkontrolnya pola belajar di rumah, sedangkan faktor internal berasal dari diri peserta didik yaitu ketika pelajaran berlangsung beberapa peserta didik kurang percaya diri dalam menyampaikan pendapat. (4) Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dengan diterapkannya metode Edutainment melalui Humanizing The Classroom Pada Mata Pelajaran Fiqih di kleas XI MA YPI Klambu, karena peserta didik menjadi lebih paham tentang materi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Edutainment Humanizing The Classroom Fiqih |
Subjects: | 200 Agama Fiqih 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 05 Feb 2017 03:34 |
Last Modified: | 05 Feb 2017 03:34 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/422 |
Actions (login required)
View Item |