Nuha, Afif Ulin (2019) Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Gusjigang dalam Membentuk Sikap Religius dan Entrepreneurship (Studi Kasus di Pondok Pesantren Entrepreneur Al-Mawaddah Kabupaten Kudus Tahun 2019). Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
01. Cover-Kata Pengantar.pdf Download (930kB) |
|
Text
02. Abstrak.pdf Download (100kB) |
|
Text
03. Daftar Isi.pdf Download (82kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (272kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (596kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (260kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (407kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (211kB) |
|
Text
09. Daftar Pustaka.pdf Download (261kB) |
Abstract
Tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) untuk mengetahui muatan pendidikan karakter berbasis kearifan lokal gusjigang. (2) untuk mengetahui proses implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal gusjigang dalam menumbuhkan sikap religius. (3) untuk mengetahui proses implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal gusjigang dalam menumbuhkan sikap entrepreneurship. (4) untuk mengetahui dampak keberhasilan implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal gusjigang dalam menumbuhkan sikap religius dan entrepreneurship di Pondok Pesantren Entrepreneur Al-Mawaddah Kudus. (5) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pendidikan karakter berbasis kearifan lokal gusjigang di Pondok Pesantren Entrepreneur Al-Mawaddah Kudus. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field research) dan pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Menggunakan teknik analisis data kualitatif yang bersifat deskriptif yaitu mendeskripsikan suatu gejala peristiwa sesuai dengan kejadian yang terjadi saat ini. Hasil penelitian yang diperoleh adalah: (1) Gusjigang di Pondok Pesantren Entrepreneur Al-Mawaddah dikembangkan ke dalam berberapa komponen karakter, Bagus yaitu religius, santun, jujur, toleransi, peduli sosial, sedangkan pengembangan komponen karakter Ngaji terdiri dari menghargai prestasi, gemar membaca, semangat kebangsaan dan rasa ingin tahu. Adapun komponen Dagang (Gang), dikembangkan menjadi beberapa karakter, yaitu kreatif, mandiri, kerja keras dan tanggungjawab. (2) Implementasi pembentukan sikap religius dan entrepreneurship di Pondok Pesantren Entrepreneur Al-Mawaddah Kabupaten Kudus dilakukan dengan menerapkan kegiatan ekonomi atau usaha diantaranya adalah toko, Pertamini, jasa penimbangan tebu, agrowisata (budidaya ikan lele, budidaya buah naga, out bond dan hidroponik), terapi ikan, smart parenting, dan travel atau biro perjalanan yang diberi nama Namira Tour. Adapun kegiatan keagamaan santri di pondok pesantren Al- Mawaddah diantaranya adalah mujahadah surat al-Waqi’ah dan mengaji beberapa kitab salaf. (3) Faktor penghambat dan pendukung dalam pembentukan sikap religius dan entrepreneurship di Pondok Pesantren Entrepreneur Al-Mawaddah Kabupaten Kudus adalah: (a) Faktor penghambat; Jam sekolah atau kuliah sama jam kerja belum diatur secara maksimal, Santri merasa bosan dan jenuh, Efektivitas belajar kurang. Kurang efektifnya proses belajar ini diantaranya adalah karena banyaknya kegiatan yang dilaksanakan santri, sehingga waktu pembelajaran menjadi berkurang. (b) Faktor pendukung; sarana yang sudah cukup memadahi, pemberian bekal ilmu yang cukup, pemberian motivasi untuk berwirausaha.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Kearifan Lokal, Gusjigang, Religius, Entrepreneurship |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 21 May 2021 02:12 |
Last Modified: | 21 May 2021 02:12 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4221 |
Actions (login required)
View Item |