Tradisi Membaca Al-Qur’an Oleh Anak-Anak SD Di Dukuh Karang Malang Sebagai Upaya Membumikan Al-Qur’an (Studi Living Qur’an)

Muharrom, Hadani (2020) Tradisi Membaca Al-Qur’an Oleh Anak-Anak SD Di Dukuh Karang Malang Sebagai Upaya Membumikan Al-Qur’an (Studi Living Qur’an). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (450kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (347kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (421kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (744kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (412kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (663kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (338kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (477kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana cara implementasi atau penerapan tradisi membaca al-Qur’an yang dilukakan anak SD di masjid Hidayaturrahman. (2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang mendukung dan menghambat anak SD tersebut yang rutin membaca al-Qur’an di masjid Hidayaturrahman. (3) Untuk mengetahui bagaimana respon kedua orang tua anak SD tersebut yang rutin membaca al-Qur’an di masjid Hidayaturrahman. Untuk mencapai tujuan tersebut peneliti menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penyajian datanya sesuai dengan sudut pandang subjek penelitian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu: observasi, wawancara serta dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini adalah anak-anak SD yang berada di Dukuh Karang Malang. Sedangkan implementasi tradisi membaca al-Qur’an oleh anak-anak SD di Dukuh Karang Malang ini menggunakan teori Living Qur’an. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) implementasi tradisi membaca al-Qur’an oleh anak-anak SD di Dukuh karang malang berlangsung secara rutin setiap harinya setelah shalat subuh yang di bimbing oleh seorang kiyai, di awali dengan membaca doa pembuka secara bersama-sama, kemudian membaca al-Qur’an secara bergiliran oleh anak-anak SD, dan akhiri dengan doa penutup secara bersama-sama juga. (2) faktor pendukung serta faktor penghambat tradisi membaca al-Qur’an oleh anak-anak SD ini terdapat faktor internal dan faktor ekternal. Faktor internal menyangkut dengan diri anak-anak itu sendiri, sedangkan faktor ekternal menyangkut dengan lingkungan, guru serta orang tua dari anak-anak tersebut. (3) tradisi membaca al-Qur’an oleh anak-anak SD ini memberikan dampak yang positif bagi masyarakat khususnya bagi orang tua dari anak-anak tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tradis Membaca Al-Qur’an, Living Qur’an.
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Quran Tafsir
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 May 2021 01:39
Last Modified: 25 May 2021 01:39
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4250

Actions (login required)

View Item View Item