Peran Guru dalam Mewujudkan Visi Sekolah (Unggul Dalam Prestasi Santun Budi Pekerti) pada Diri Peserta Didik di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus

Aryati, Aida (2020) Peran Guru dalam Mewujudkan Visi Sekolah (Unggul Dalam Prestasi Santun Budi Pekerti) pada Diri Peserta Didik di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (616kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (934kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (319kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (681kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (445kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (400kB)

Abstract

Peran guru sangat berkaitan dengan keberhasilan dan kualitas pendidikan dalam mencapai suatu cita-cita (visi sekolah). Peran guru juga sangat diperlukan dalam mencetak peserta dididk yang cerdas dan berakhlak sebagaimana visi yang dimiliki sekolah SMP NU Putri Nawa Kartika. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui peran guru di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus, 2) mengetahui prestasi dan budi pekerti peserta didik SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus, 3) mengetahui faktor penghambat dan pendukung dalam mewujudkan visi sekolah di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif melalui riset lapangan di SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus. Subjek penelitian ini yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan siswa-siswi SMP NU Putri Nawa Kartika Kudus. Instrumen atau alat dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan beberapa teknik yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji kredibility, uji transferability, uji dependability, dan uji confirmability. Teknik analisis data dalam penelitian ini peneliti menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, verifikasi data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru sudah bisa dikatakan baik dalam mewujudkan visi sekolah pada diri peserta ddik dengan mencerdaskan dan membentuk budi pekerti hingga sesuai dengan harapan masyarakat yaitu menjadi generasi yang berilmu dan memiliki akhlak mulia. Sedangkan prestasi dan budi pekerti peserta didik SMP NU Putri Nawa Kartika sudah mencerminkan bahwa mereka pintar namun tetap berakhlak. memiliki semangat bersaing dalam pencapaian prestasi dan selalu menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik dan bersikap sopan santun. Hal tersebut sangat memerlukan adanya dukungan seperti tersedianya fasilitas, kesadaran dan antusias peserta didik, adanya binaan keluarga dan lingkungan, aturan-aturan sekolah, komunikasi dan kerjasama guru dan wali murid. Disamping itu juga terkadang mengalami hambatan seperti alokasi waktu, penyalahgunaan gadget, suasana hati peserta didik, latar belakang peserta didik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru, Visi Sekolah, Prestasi, Budi Pekerti
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 May 2021 02:21
Last Modified: 27 May 2021 02:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4264

Actions (login required)

View Item View Item