PENGGUNAAN METODE THINK PAIR SHARE DAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MTS ISMAILIYYAH NALUMSARI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Karisman, Nanis (2016) PENGGUNAAN METODE THINK PAIR SHARE DAN PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALISIS SISWA PADA MATA PELAJARAN SKI DI MTS ISMAILIYYAH NALUMSARI JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, Stain Kudus.

[img] Text
1. Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. Bab 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. Bab 2.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. Bab 3.pdf

Download (973kB)
[img] Text
7. Bab 4 docx.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. Bab 5.pdf

Download (1MB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan metode think pair share dan problem solving pada pembelajaran SKI,peningkatan kemampuan analisis siswa pada mata pelajaran SKI dengan metode think pair share dan problem solving dan faktor pendukung dan penghambat serta solusi dari pelaksanaan metode-metode tersebut. Penelitian ini merupakan studi lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data diperoleh melalui observasi,wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya untuk analisis data, yaitu reduksi data, display dan kesimpulan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah guru SKI serta peserta didik kelas VIII MTs Ismailiyyah Nalumsari Jepara. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan analisis siswa dengan menggunakan metode think pair share dan problem solvingpada mata pelajaran SKI ditandai dengan peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran SKI dan ditandai dengan siswa yang kurang aktif menjadi aktif untuk berani bertanya dan memiliki kepercayaan diri untuk bertanya. Selain itu terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan metode think pair share dan problem solving untuk meningkatkan kemampuan analisis siswa diantaranya adalah faktor guru, siswa, lingkungan belajar, sarana prasana dan lain-lain. Untuk menyikapi faktor penghambat gurusebisa mungkin meminimalisir faktor-faktor tersebut dengan cara membuat suasana belajar lebih berkesan dan menyenangkan dengan menggunakan metode think pair share dan problem solving dalam pelaksanaan pembelajaran SKI untuk meningkatkan kemampuan analisis siswa Selanjutnya penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan dan pembelajaran bagi para pemegang kebijakan maupun para guru mata pelajaran SKI untuk lebih menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode Think Pair Share;Problem Solving; Kemampuan Analisis; Pembelajaran SKI
Subjects: Agama
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Sekolah dan Agama
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 05 Feb 2017 03:49
Last Modified: 05 Feb 2017 03:49
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/427

Actions (login required)

View Item View Item