Implementasi Metode Qiraah di Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang (Studi Kasus Bacaan Santri Penghafal Al-Qur’an)

Zawait, Ainuttaqim (2020) Implementasi Metode Qiraah di Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang (Studi Kasus Bacaan Santri Penghafal Al-Qur’an). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover s.d Kata Pengantar (Kecuali ABSTRAK).pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (805kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (671kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (866kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (683kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (717kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (785kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kendala ketika santri menghafal Al-Qur’an, yakni terkadang santri masih melakukan kesalahan dalam bacaannya ketika menghafal Al-Qur’an, sehingga pelaksanaan ngaji binnadhor dengan metode musyafahah masih sangat diperlukan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an. Oleh karena itu, maka tujuan penelitian di Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang ini adalah untuk mengetahui 1) Pelaksanaan pembelajaran ngaji binnadhor dengan metode musyafahah dalam meningkatkan kualitas bacaan santri ketika menghafal Al-Qur’an, 2) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu penyajian datanya sesuai dengan cara pandang subjek penelitian. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian di Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang ditemukan bahwa 1) pelaksanaan pembelajaran Al-Qur’an di Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang menggunakan metode musyafahah dengan berpedoman pada panduan belajar metode yanbu’a, 2) Dalam kelancaran pelaksanaan pembelajaran membaca Al-Qur’an dipengaruhi beberapa faktor, baik faktor dari santri sendiri maupun dari ustadz. Dari santri sendiri yakni tingkat kemampuan dasar santri dalam memahami dan menerapkan bacaan Al-Qur’an, semangat santri dalam belajar Al-Qur’an. Adapun dari ustadz yaitu keilmuan ustadz tentang bacaan dan hafalan Al-Qur’an, serta kuantitas kehadiran ustadz dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Musyafahah, Bacaan, Al-Qur’an
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Musabaqah Tilawatil Qur’an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Ilmu Quran Tafsir
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 27 May 2021 03:16
Last Modified: 27 May 2021 03:16
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4272

Actions (login required)

View Item View Item