Muna, Fauzul (2020) Implementasi Pendidikan Karakter pada Mata Pelajaran Pendidikan Islam: Tantangan dan Strategi dalam Menghadapi Generasi Alpha. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (9MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (927kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (770kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (938kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (856kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (828kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA (1).pdf Download (675kB) |
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk: (1) mengetahui implementasi pendidikan karakter di MI NU Imaduddin Hadiwarno Mejobo Kudus tahun pelajaran 2019/2020 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam, (2) tantangan yang dihadapi guru dalam menghadapi generasi alpha di MI NU Imaduddin Hadiwarno Mejobo Kudus tahun pelajaran 2019/2020 , (3) strategi guru dalam mengahadapi generasi alpha di MI NU Imaduddin tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif, dilaksanakan di MI NU Imaduddin Hadiwarno Mejobo Kudus. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala madrasah. Wali kelas IV, guru PAI kelas IV, murid dan wali murid kelas IV MI NU Imaduddin Hadiwarno Mejobo Kudus. Teknik pengumpulan data dapat didapatkan dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa Implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran PAI di MI NU Imaduddin adalah penanaman karakter sopan santun melalui kegiatan bersalaman dengan guru, kemudian karakter religius dengan kegiatan membaca surat-surat pendek, surat Yasin, surat Waqi’ah, Asmaul Husna, tadarus Al-Qur’an, sholat dhuha, sholat dhuhur berjama’ah. Dalam implementasi pendidikan karakter ini sebelum mengajar guru menyiapkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD), serta lebih di fokuskan pada perilaku anak dan akhlaknya.Tantangan guru dalam menghadapi generasi alpha di MI NU Imaduddin adalah faktor internal dan eksternal. Adapun faktor internalnya adalah guru gagap dalam penggunaan internet. Sedangkan faktor eksternal adalah guru harus memacu kemampuan untuk bisa menggunakan internet dengan baik dan guru harus menjalin komunikasi yang baik dengan wali murid. Strategi guru dalam menghadapi generasi alpha di MI NU Imaduddin adalah Strategi yang diterapkan guru dalam pembelajaran PAI yaitu guru tersebut menggunakan strategi kreativitas dan strategi fleksibilitas kognitif.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Generas Alpha |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 28 May 2021 02:04 |
Last Modified: | 28 May 2021 02:04 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4280 |
Actions (login required)
View Item |