Triastuti, Ayu (2019) Analisis Penerapan Metode Pembiasaan dalam Membentuk Karakter Siswa Kelas IV MI NU Miftahul Huda 02 Karangmalang Gebog Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (188kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (275kB) |
|
Text
4. BAB 1.pdf Download (681kB) |
|
Text
5. BAB 2.pdf Download (536kB) |
|
Text
6. BAB 3.pdf Download (309kB) |
|
Text
7. BAB 4.pdf Download (652kB) |
|
Text
8. BAB 5.pdf Download (271kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (281kB) |
Abstract
Metode pembiasaan merupakan suatu metode pendidikan untuk menanaman karakter pada diri anak yang dilakukan secara berulang-ulang sehingga peserta didik terbiasa melakukan kebiasaan tersebut. Kebiasaan baik yang biasa dilakukan secara terus menerus tersebut akan menjadi karakter yang tertanam dalam jiwa peserta didik sampai ia dewasa. Di zaman yang semakin modern ini dibutuhkan generasi penerus bangsa yang tidak hanya cerdas dari sisi intelektual, akan tetapi juga memiliki karakter mulia yang kuat yang tertanam dalam jiwanya. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui bagaimana penerapan metode pembiasaan dalam membentuk karakter siswa kelas IV MI NU Miftahul Huda 02 Karangmalang Gebog Kudus, (2) Mengetahui apa saja kendala yang ditemukan guru pada penerapan metode pembiasaan dalam membentuk karakter siswa kelas IV MI NU Miftahul Huda 02 Karangmalang Gebog Kudus, dan (3) Mengetahui solusi yang digunakan guru dalam mengatasi kendala yang ditemukan pada penerapan metode pembiasaan dalam membentuk karakter siswa kelas IV MI NU Miftahul Huda 02 Karangmalang Gebog Kudus. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi non-pasrtisipan, dan dokumentasi. Uji keabsahan data melalui uji credibility dengan teknik perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan verifikasi (conclusing drawing). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode pembiasaan dalam membentuk karakter siswa kelas IV MI NU Miftahul Huda 02 Karangmalang Gebog Kudus yaitu siswa dibiasakan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan pembiasaan seperti apel pagi dan doa bersama, bersalaman dengan Bapak Ibu guru, tadarus Alquran, shalat dhuha, shalat dhuhur berjamaah, dan infak. Karakter yang terbentuk setelah diterapkan pembiasaan-pembiasaan yaitu religius, disiplin, santun, tanggung jawab, dan peduli sosial, (2) Adapun kendala yang dihadapi guru pada penerapan metode pembiasaan dalam membentuk karakter siswa yaitu perbedaan karakter siswa dan fasilitas yang belum terpenuhi, (3) Solusi yang digunakan guru untuk mengatasi kendala yang ditemukan pada penerapan metode pembiasaan dalam membentuk karakter siswa yaitu membangun ikatan emosional dengan siswa melalui pemberian nasehat dengan sabar dan pemberian hukuman, dan mengoptimalkan fasilitas atau sarana prasarana yang dimiliki
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembiasaan, Karakter Siswa |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 28 May 2021 02:17 |
Last Modified: | 28 May 2021 02:17 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4283 |
Actions (login required)
View Item |