Ayssyah, Desy (2017) PROGRAM HAFALAN HADITS DI TKIT UMAR KHATAHAB PURWOSARI KUDUS TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
01 cover.pdf Download (3MB) |
|
Text
02 abstrak.pdf Download (377kB) |
|
Text
03 Daftar Isi.pdf Download (391kB) |
|
Text
04 BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
05 BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
06 BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
07 BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
08 BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaiman penerapan program hafalan hadits, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan program hafalan hadits, untuk mengetahui proses evaluasi yang di laksanakan pendidikan dalam program hafalan hadits dan mengetahui hasil yang diperoleh perserta didik setelah melaksanakan Program hafalan hadist di TKIT Umar Bin Khathab Porwosari Kudus. Hadits merupakan salah satu sumber kedua Islam sebagai penjelas Al-Qur’an. TK sebagai pendidikan anak usia dini mengarahkan anak-anak untuk mengikuti seluruh perintah Rasulullah SAW, menjadikan beliau sebagai panutan dan uswah hasanah, dengan cara menghafal, memelihara, menjaga yang berkaitan erat dengan segala sesuatu yang bersumber dari Nabi SAW sesuai dengan fase perkembangannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang disajikan secara deskriptif. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Subyek dalam penelitian ini adalah pendidik kelas B dan anak didik kelas B (TK Besar) sebagai sumber untuk mendapatkan data secara langsung melalui proses belajar mengajar di kelas. Program hafalan hadits merupakan program pengembangan di TK IT Umar Bin Khathab Kudus, Program ini bertujuan untuk mengenalkan hadist Nabi sedini mungikin sebagai salah bagaian dari sumber hukum Islam kedaua setelah al-Qur’an. Selain sebagai sarana pengenalan anak, melaui menghafal hadits sesuai fase-fase kehidupan yang meraka jalani, perserta didik dapat menjadikan hadist-hadist Nabi sebagai panutan untuk mengatur perilaku mereka sehari-hari. Penerapan yakni perencanaan materi hafalan dan media pembelajaran, pelaksanaannya menghafalkan hadits pada awal pembelajaran yang proses penghafalan pendidik mengulang-ulang bacaan sedangkan anak meniru kata perkata dan kalimat perkalimat secara berulang-ulang hingga benar, tahap terakhir adalah evaluasi. Faktor pendukung program ini adalah tingkat intekegensi, motivasi perserta didik, kesiapan pendidik, sarana dan fasilitas sekolah dan dukungan orangtua. Faktor penghamabat yakni sikap perserta didik, kesehatan, keluarga. Proses evaluasi yang di jalalankan pada ujian akhir semester berupa tes lisan berupa hafalan hadits yang sudah di hafalkan dan evaluasi observasi. Hasil yang di peroleh dalam program ini adalah anak mengingat hadits hafalan hadits, sikap perserta didik dengan minat semangat belajar meningkat dan lebih aktif menghafal, membuat ketrampilan /praktik perserta didik dapat mempraktikkan materi yang telah disampaikan oleh pendidik sesuai dengan nailai-nilai dalam hadits dalam kehidupan sehari-harinya yaitu, santun saat makan dan minum, baik dalam berpakain, banyak menebarkan salam.Program hafalan hadits hendaknya dijadikan program unggulan untuk mengembangkan karakter perserta didik sesuai dengan Nabi Muhammad SAW.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Hafalan Hadits |
Subjects: | Hadits dan Ilmu yang berkaitan Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 05 Feb 2017 03:59 |
Last Modified: | 05 Feb 2017 03:59 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/431 |
Actions (login required)
View Item |