Hariyanti, Ulfa (2020) Implementasi Kegiatan Senam Irama dalam Meningkatkan Keterampilan Motorik Kasar Anak Usia Dini di Roudlotul Athfal (RA) Matholi’ul Huda Kedungsari Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER - KATA PENGANTAR wm.pdf Download (789kB) |
|
Text
2. ABSTRAK wm.pdf Download (262kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI wm.pdf Download (224kB) |
|
Text
4. BAB I wm.pdf Download (438kB) |
|
Text
5. BAB II wm.pdf Download (587kB) |
|
Text
6. BAB III wm.pdf Download (363kB) |
|
Text
7. BAB IV wm.pdf Download (751kB) |
|
Text
8. BAB V wm.pdf Download (275kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA wm.pdf Download (290kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah, 1) Untuk mendeskripsikan implementasi senam irama dalam meningkatkan motorik kasar anak usia dini di RA Matholi’ul Huda Kedungsari Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020, 2) Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pelaksanaan senam irama dalam meningkatkan motorik kasar anak usia dini di RA Matholi’ul Huda Kedungsari Gebog Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitiannya, yaitu Guru Kelas B, sedangkan informan yaitu Guru Kelas A dan Kepala Sekolah RA Matholi’ul Huda Kedungsari Gebog Kudus. Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara langsung dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data dengan tehnik triangulasi yaitu membandingkan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara atau sebaliknya. Tehnik analisis data dalam penelitian ini ditempuh dengan cara pengumpulan data, reduksi data, pengujian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) Implimentasi kegiatan senam irama dalam meningkatkan motorik kasar anak di RA Matholi’ul Huda Kedungsari Gebog Kudus dilaksanakan dalam pembelajaran melalui 4 tahap, pertama tahap persiapan dengan mempersiapkan RPPH dan media atau sarana prasarana sebagai penunjang, kedua tahap pelaksanaan yang diawali dengan berdoa bersama, merapikan barisan dilanjutkan senam irama Bersama, tahap ketiga evaluasi dengan memberikan umpan balik ke anak dan pemberian reward, tahap keempat penutup dengan memberikan pesan-pesan pada anak. 2) Faktor pendukung dalam implementasi kegiatan senam irama dalam meningkatkan motorik kasar di RA Matholi’ul Huda yaitu faktor alam yang mendukung, guru bisa memberi contoh dan terjadinya kooperatif antara guru, wali murid dan peserta didik. Faktor penghambat diantaranya kondisi anak, keterbatasan waktu, kurang maksimalnya media penunjang dan kurangnya inovatif guru.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Senam irama, Motorik kasar, Anak usia dini |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 03 Jun 2021 03:01 |
Last Modified: | 03 Jun 2021 03:01 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4334 |
Actions (login required)
View Item |