Implementasi Metode Drill Berbantuan Video Pada Pembelajaran PAI Bagi Peserta Didik Tunagrahita Kelas VIII SMPLB N Purwosari Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020

Afiqoh, Lutfi (2019) Implementasi Metode Drill Berbantuan Video Pada Pembelajaran PAI Bagi Peserta Didik Tunagrahita Kelas VIII SMPLB N Purwosari Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (871kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (270kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (353kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (430kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (695kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (304kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (568kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (334kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) Implementasi metode drill berbantuan video pada pembelajaran PAI bagi peserta didik tunagrahita ringan. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari implementasi metode drill berbantuan video pada pembelajaran PAI bagi peserta didik tunagrahita ringan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif pada kelas VIII di SMPLB N Purwosari Kudus. Adapun teknik pengumpulan data yang diperoleh menggunakan metode wawancara dengan kepala sekolah, guru mata pelajaran PAI, dan peserta didik tunagrahita ringan, observasi pembelajaran PAI dengan mengunakan metode drill berbantuan video, dan metode dokumentasi yang diperoleh yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran, hasil evaluasi tugas peserta didik tunagrahita ringan. Metode analisis yang digunakan yaitu reduksi data (meliputi interaksi belajar dengan bantuan video, latihan soal, keaktifan belajar, serta hasil evaluasi tugas peserta didik tunagrahita ringan), penyajian data meliputi hal yang bersangkutan dalam reduksi data yaitu interaksi belajar dengan bantuan video, latihan soal, keaktifan belajar serta hasil evaluasi tugas peserta didik tunagrahita ringan dan verifikasi sebagai penarikan kesimpulan analisis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi metode drill berbantuan video pada pembelajaran PAI peserta didik tunagrahita ringan kelas VIII dilakukan tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan, guru menyiapkan RPP, menyiapkan media dan materi ajar. Tahap pelaksanaan, guru menyampaikan materi kepada peserta didik tunagrahita ringan, kemudian peserta didik mengamati video secara berulang-ulang dan disertai dengan tanya jawab, setelah itu, guru memberi tugas kepada peserta didik. Setelah peserta didik mengerjakan soal, kemudian guru menunjuk peserta didik maju ke depan untuk menjawab soal yang sama yang ditampilkan dalam layar monitor secara bergantian, dan guru menyimpulkan. Pada tahap evaluasi menggunakan teknik tes tertulis yaitu dengan mengerjakan soal berupa pilihan ganda. Untuk pembelajaran PAI tersebut dapat meningkatkan keaktifan, semangat belajar, dan membuat peserta didik tunagrahita ringan lebih memahami materi karena dalam metode pembelajaran ini terdapat video dan latihan soal yang bervariasi, untuk melatih peserta didik mengingat materi, bertanggung jawab, mandiri, percaya diri, membuat peserta didik lebih bersemangat dan tidak merasa bosan dalam pembelajaran. 2) Faktor pendukung: a) Antusias peserta didik; b) Konsentrasi belajar peserta didik; c) Guru yang kompeten; d) Sarana Prasarana yang cukup memadai. Faktor penghambat: a) Peserta didik susah diatur; b) emosi yang mudah terganggu; d) Guru harus mengulang-ulang materi karena peserta didik tunagrahita ringan memiliki keterbatasan dalam mengingat materi e) Minimnya buku-buku yang menunjang pembelajaran PAI untuk tunagrahita

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Drill berbantuan video, PAI, Keaktifan peserta didik tunagrahita ringan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 04 Jun 2021 03:03
Last Modified: 04 Jun 2021 03:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4349

Actions (login required)

View Item View Item