Pengaruh Kewibawaan Guru Terhadap Sikap Kepatuhan Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Mabda’ul Huda Karangaji Tahun Pelajaran 2019/2020

Kamalia, Kamalia (2020) Pengaruh Kewibawaan Guru Terhadap Sikap Kepatuhan Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTs Mabda’ul Huda Karangaji Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER sd KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (848kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (676kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (853kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (931kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (722kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (964kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (657kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (609kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kewibawaan guru dan tingkat sikap kepatuhan siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak serta pengaruh kewibawaan guru terhadap sikap kepatuhan siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlakdi MTs Mabda’ul Huda Karangaji Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini bersifat penelitian asosiatif yaitu untuk mengetahui pengaruh atau hubungan antara dua variabel atau lebih. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan datanya berupa data kuantitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh yaitu kelas VIII yang berjumlah 56 siswa dengan metode pengumpulan data menggunakan angket online, observasi dan dokumentasi, masing-masing angket terdapat 30 item pernyataan. Uji reliabilitas instrumen menggunakan uji statistik Cronbach Alpha (>0,60). Data uji normalitas menggunakan rumus One-Sample Kolmogorov-Smirnov Test dan uji linieritas menggunakan Scatter Plot. Analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian diperoleh bahwa tingkat kewibawaan guru dan sikap kepatuhan siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak berada pada kategori tinggi dengan nilai mean masing-masing 100 dan 102. Adapun koefisien determinasi diperoleh sebesar 66%. Perolehan F_(hitung )> F_(tabel ) dengan taraf signifikansi 5% (105,183>4,02), dan perolehan t hitung > t tabel (10.256>2,004). Berdasarkan perolehan dan pembuktian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan kewibawaan guru terhadap sikap kepatuhan siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTs Mabda’ul Huda Karangaji Kedung Jepara Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kewibawaan Guru, Sikap Kepatuhan Siswa, Akidah Akhlak
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Guru
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 04 Jun 2021 07:21
Last Modified: 04 Jun 2021 07:21
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4358

Actions (login required)

View Item View Item