Roriyani, Fifin (2016) HUBUNGAN ANTARA METODE PROBLEM SOLVING DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MTs. SABILUL ULUM MAYONG LOR MAYONG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, Stain Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (4MB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (4MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untukmengetahui hubungan metodeproblem solvingdengankemampuanberpikirkritispesertadidik pada mata pelajaran Fiqihdi MTs SabilulUlumMayongLorMayong Jepara.Jenis penelitian ini termasuk dalam jenispenelitiankorelasional, karenapenelitianinidigunakanuntukmengujihipotesistentanghubunganantarvariabelatauuntukmenyatakanbesarkecilnyahubunganantaraduavariabelataulebih. Sedangkan pendekatan dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan kuantitatif. Dalam penelitian ini peneliti melakukan studi lapangan di MTs SabilulUlumMayongLorMayong Jepara yakni pada ruang lingkup kelas VII. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari peserta didik kelas VII sejumlah 179 peserta didik, kemudian diambil sampel sebesar 123 peserta didik. Cara pengambilan sampelnya dengan menggunakan tehnik simple random sampling. Dalam analisis ini peneliti menggunakan analisis statistik yaitu korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwanilai mean dari metode problem solving di Mts Sabilul Ulum Mayong Lor Mayong Jepara tahun ajaran 2015/2016 adalah 65.50 tergolong Baik karena termasuk dalam interval(64-72), artinya metode problem solving rata-rata memiliki hubungan yang cukupbaik sehingga mempengaruhi kemampuanberpikirkritispesertadidikpadamatapelajaranFiqihdi MTs Sabilul Ulum Mayong Lor Mayong Jepara tahun ajaran 2015/2016, dannilai mean dari kemampuan berpikir kritis peserta didik di Mts Sabilul Ulum Mayong Lor Mayong Jepara tahun ajaran 2015/2016 adalah 56.39 tergolong CukupBaik karena termasuk dalam interval (50-58),dalamperhitungankorelasi terdapat hubungan yang positif dan signifikan antaraTerdapat hubungan yang positif dansignifikan antara metode problem solvingdengan kemampuan berpikir kritis peserta didikpada mata pelajaran Fiqih di MTs SabilulUlumMayongLorMayong Jepara Tahun Ajaran 2015/2016 sebesar 0.686, hal ini terbukti bahwapada taraf signifikansi 5% adalah rh 0.686 > rt 0.176 serta pada taraf signifikansi 1% rh 0.686 > 0.230
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Problem Solving; Kemampuan Berpikir Kritis |
Subjects: | Fiqih 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 05 Feb 2017 04:15 |
Last Modified: | 05 Feb 2017 04:15 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/436 |
Actions (login required)
View Item |