Implementasi Penggunaan Media Batu Bertingkat Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung 1-10 Aanak Usia Dini Di RA Raudlotut Tholibin Dorokandang Lasem Rembang Tahun Pelajaran 2019/2020

Khayati, Nur (2020) Implementasi Penggunaan Media Batu Bertingkat Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung 1-10 Aanak Usia Dini Di RA Raudlotut Tholibin Dorokandang Lasem Rembang Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAKSI.pdf

Download (376kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (201kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (885kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (765kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (356kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (902kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (337kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (398kB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengguaan media batu bertingkat dalam meningkatkan kemampuan berhitung di RA Raudlotut Tholibin Dorokandang Lasem Rembang. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat media batu bertingkat dalam meningkatkan kemampuan berhitung 1-10 anak usia dini di RA Raudlotut Tholibin Dorokandang Lasem Rembang. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok A RA Raudlotut Tholibin sejumlah 25 anak. Disini peneliti mengambil lokasi di RA Raudlotut Tholiin Dorokandang Lasem Rembang. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian diuji keabsahan dengan teknik Triangulasi, perpanjanan Kehadiran, Diskusi sejawat, Review Informan. Setelah data-data terkumpul kemudian analisis dilakukan dengan redukasi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian yag didapat diantaranya yaitu: 1) Perkembangan tingkat pencapaian penggunaan media batu bertingkat untuk meningkatkan kemampuan berhitung anak di RA Raudlotut Tholibin Berkembang sangat baik. Kemampuan berhitung 1-10 anak RA Raudlotut Tholibin mulai meningkat dengan menunjukkan bahwa sebanyak 10 anak telah berkembang sangat baik, sebanyak 6 anak telah berkembang sesuai harapan, dan sebanyak 9 anak mulai berkembang. 2) Faktor pendukung yang peneliti dapatkan di RA Raudlotut Tholibin Dorokandang Lasem Rembang adalah Fasilitas/ lingkungan yang memadahi, Kondisi anak didik yang mudah diatur dan kondusif, Komunikasi antara anak dan guru, Sarana dan Prasarana yang memadahi. Sedangkan faktor penghambat dari kegiatan pembelajaran menggunakan batu bertingkat di RA Raudlotut Tholibin Dorokandang Lasem Rembang antara lain: Waktu yang terbatas, Kondisi anak yang kurang baik dan berbeda-beda, Kurangnya media pembelajaran, Guru kurang inovasi. Adapun solusi yang dilakukan adalah memilih strategi yang tepat ketika proses pembelajaran, guru harus memahami karakter anak, memanfaatkan bahan dari lingkungan sekitar, guru harus kreatif dan inovasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan media batu bertingkat, Kemampuan berhitung 1-10
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Jun 2021 06:19
Last Modified: 07 Jun 2021 06:19
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4366

Actions (login required)

View Item View Item