Pengaruh Reinforcement (Pemberian Penguatan) Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadis Di MTs Miftahul Huda Bulungkulon Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021

Khoirunnisa', Ana (2020) Pengaruh Reinforcement (Pemberian Penguatan) Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadis Di MTs Miftahul Huda Bulungkulon Jekulo Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (390kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (477kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (407kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (831kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (717kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (915kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (436kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui penggunaan Reinforcement (pemberian penguatan) mata pelajaran al-qur'an hadis di MTs Miftahul Huda Bulungkulon Jekulo Kudus (2) untuk mengetahui motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran al-qur'an hadis di MTs Miftahul Huda Bulungkulon Jekulo Kudus (3) untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan Reinforcement (pemverian penguatan) terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran al-qur'an hadis di MTs Miftahul Huda Bulungkulon Jekulo Kudus. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data atau informasi secara langsung dengan mendatangi responden Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di MTs Miftahul Huda Bulungkun Jekulo Kudus, yakni pada ruang lingkup kelas VIII. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari peserta didik kelas VIII A dan VIII B sejumlah 52, kemudian diambil sampel 48 dengan menggunakan teknik simple random sampling. Dalam analisis ini penulis menggunakan anlisis statistik yaitu regresi dan korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Reinforcement (Pemberian Penguatan) dalam kategori baik, yaitu 93 pada rentang interval 90 - 96. 2) Motivasi belajar peserta didik kelas VIII di MTs Miftahul Huda Bulungkulon Jekulo Kudus dalam kategori tinggi yaitu sebesar 65 pada rentang interval 62 -69. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan Reinforcement (pemberian penguatan) terhadap Motivasi belajar peserta didik kelas VIII di MTs Miftahul Huda Bulungkulon Jekulo Kudus, dengan persamaan regresi Ŷ = 7,493+ 0,619 X. Adanya Reinforcement (pemberian penguatan) ini memiliki hubungan yang positif dan signifikan sebesar 0,937 yang termasuk dalam kategori sangat kuat dan dapat memberi kontribusi bagi peserta didik dalam mengembangkan kreativitas belajar pesertadidik sebesar 26,3%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Reinforcement ( Pemberian Penguatan), Motivasi Belajar, dan Al-Qur'an Hadis
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Jun 2021 06:47
Last Modified: 07 Jun 2021 06:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4370

Actions (login required)

View Item View Item