Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MI NU Tamrinut Thullab Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019

Permadani, Ninditia Ama (2020) Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MI NU Tamrinut Thullab Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER s.d KATA PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (759kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (731kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (628kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (256kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (362kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MI NU Tamrinut Thullab Undaan Kudus tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data penelitian ini menggunakan skala dan angket perhatian orang tua. Penelitian ini merupakan jenis penelitian field research (lapangan) dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V (lima) MI NU Tamrinut Thullab Kudus yang berjumlah 32 siswa terdiri dari 16 peserta didik laki-laki dan 16 peserta didik perempuan. Sampel penelitian ini berjumlah 32 siswa kelas V MI NU Tamrinut Thullab Undaan Lor Undaan Kudus. Adapun teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sampling jenuh artinya semua anggota populasi dijadikan sampel. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi sederhana dengan bantuan program SPSS versi 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hubungan antara kedua variabel perhatian orang tua dengan hasil belajar adalah 0,775 yang termasuk dalam kategori “kuat”. Nilai R Square diperoleh sebesar 0,601 nilai tersebut menunjukkan bahwa perhatian orang tua memberikan konstribusi terhadap hasil belajar sebesar 60,1%. Berarti ada sumbangan variabel lain yang lebih kecil terhadap hasil belajar sebesar 39,9%. Berdasarkan hasil uji hipotesis uji t diperoleh nilai thitung 3,518 dan ttabel 1,694 dengan signifikan 0,001 yang berada di bawah 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel (3,518 > 1,694), maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa perhatian orang tua berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MI NU Tamrinut Thullab Kudus tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Perhatian Orang Tua, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Jun 2021 03:14
Last Modified: 08 Jun 2021 03:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4382

Actions (login required)

View Item View Item