Saputri, Riski Andri (2020) Peran Perempuan Muslim Dalam Pengembangan Ekonomi Kreatif Melalui Desa Wisata Colo. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1.BAGIAN DEPAN.pdf Download (944kB) |
|
Text
2.ABSTRAK.pdf Download (347kB) |
|
Text
3.DAFTAR ISI.pdf Download (284kB) |
|
Text
4.BAB I.pdf Download (525kB) |
|
Text
5.BAB II.pdf Download (687kB) |
|
Text
6.BAB III.pdf Download (358kB) |
|
Text
7.BAB IV.pdf Download (650kB) |
|
Text
8.BAB V.pdf Download (273kB) |
|
Text
9.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (292kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya pengembangan ekonomi kreatif yang ada di desa wisata Colo, serta untuk mengetahui bagaimanakah peran kaum perempuan desa Colo dalam pengembangan ekonomi kreatif melalui desa wisata Colo. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi peran kaum perempuan desa Colo yang meliputi kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman sehingga dapat menentukan strategi untuk mencapai keunggulan kompetitif kaum perempuan desa wisata Colo dalam pengembangan ekonomi kreatif. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan), dengan menggunakan pendekatan mixed methods yaitu kombinasi pendekatan penelitian kuantitatif dan kualitatif. Selain itu juga menggunakan jenis sumber data primer dan sumber data sekunder serta metode observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi yang di peroleh dari informan penelitian yang berkaitan dengan permasalahan penelitian yang di teliti, yaitu: ketua Pokdarwis “Padang Bulan” di desa wisata Colo, kepala desa Colo, kepala UPTD obyek wisata Disbudpar, dan segenap kaum perempuan pelaku usaha ekonomi kreatif di desa wisata Colo. Hasil penelitian diketahui bahwa: 1) Upaya pengembangan ekonomi kreatif di desa Colo sudah berjalan dengan baik hal ini ditandai dengan adanya peningkatan sarana dan prasarana serta peningkatan pelatihan keterampilan dan kewirausahaan yang diberikan oleh pemerintah desa kepada masyarakat pelaku unit usaha ekonomi kreatif, selain itu dari adanya kebijakan dan upaya yang dilakukan oleh pemerintah desa ini di implementasikan oleh masyarakat para pelaku unit usaha ekonomi kreatif untuk menunjang usaha yang dijalani sehingga ekonomi kreatif di desa Colo dapat berjalan dengan baik. 2) Perempuan desa Colo memiliki peran besar dalam pengembangan ekonomi kreatif, karena sebagian besar pelaku usaha ekonomi kreatif di desa Colo adalah para kaum perempuan. Disini kaum perempuan berperan dalam pertumbuhan ekonomi baik di sektor domestik (rumah tangga) maupun di sektor publik (wilayah). 3) Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi peran perempuan desa Colo dalam perannya mengembangkan ekonomi kreatif yang terdiri dari kekuatan, kelemahan, peluang serta ancaman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Women Entreprenenur, Ekonomi Kreatif, Desa Wisata |
Subjects: | Sosial dan Budaya Islam > Kedudukan Wanita 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 10 Jun 2021 04:08 |
Last Modified: | 10 Jun 2021 04:08 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4408 |
Actions (login required)
View Item |