Implementasi Program Khitobah Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Di MI Nahdlotusy Syubban Winong Pati

Rufi’ah, Nia (2020) Implementasi Program Khitobah Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik Di MI Nahdlotusy Syubban Winong Pati. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1.Cover-Kata Pengantar.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2.Abstrak.pdf

Download (5MB)
[img] Text
3.Daftar Isi.pdf

Download (5MB)
[img] Text
4.BAB I.pdf

Download (5MB)
[img] Text
5.BAB II.pdf

Download (5MB)
[img] Text
6.BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7.BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8.BAB V.pdf

Download (5MB)
[img] Text
9.Daftar Pustaka.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan penelitian dalam skripsi ini yaitu untuk: 1) Menjelaskan pelaksanaan program khitobah untuk meningkatkan rasa percaya diri peserta didik di MI Nahdlotusy Syubban Winong Pati. 2) Mendeskripsikan hasil pelaksanaan program khitobah dalam meningkatkan rasa percaya diri peserta didik di MI Nahdlotusy Syubban Winong Pati. 3) Mendeskripsikan proses pembentukan rasa percaya diri peserta didik di MI Nahdlotusy Syubban Winong Pati dengan program khitobah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang diaplikasikan pada penelitian lapangan ( field research ). Adapun teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi yang diperoleh secara langsung dari penelitian berupa catatan, foto dan data-data dari sumber yang terkait dalam penelitian. Jumlah informan penelitian ini sebanyak 8 informan yaitu 1 kepala madrasah, 1 guru pembimbing khitobah, 1 guru wali kelas IV, 1 guru wali kelas V, 1 guru wali kelas VI, 3 peserta didik yang menjadi petugas dalam kegiatan khitobah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pelaksanaan kegiatan khitobah di MI Nahdlotusy Syubban melalui rancang bangun komponen unsur serta susunan acara sebagaimana pengajian umum di masyarakat seperti ada MC, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, pidato-pidato, pengumuman dan do’a oleh guru pembimbing khitobah, hanya saja tidak ada tahlil umum. Adapun dalam penyampaian materi pidatonya peserta didik menggunakan metode memoriter yang mana naskah pidatonya sudah dipersiapkan dan dihafalkan sebelumnya. 2) Mengenai hasil pelaksanaan kegiatan khitobah, bahwa rasa percaya diri peserta didik meningkat setelah mendaptkan tugas khitobah berkali-kali. 3) Proses pembentukan rasa percaya diri melalui program khitobah dilakukan dengan cara melatih dan membiasakan peserta didik untuk tampil berbicara di hadapan semua peserta didik dan pemberian evaluasi dari penampilan peserta didik yang telah bertugas oleh guru pembimbing, serta memberikan tanggung jawab kepada peserta didik untuk mempersiapkan diri sebelum tampil dengan cara membuat naskah pidato dan digunakan untuk berlatih di rumah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Program Khitobah, Meningkatkan Rasa Percaya Diri Peserta Didik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Jun 2021 02:15
Last Modified: 18 Jun 2021 02:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4426

Actions (login required)

View Item View Item