Implementasi Pembelajaran Kitab Bulughul Maram Dalam Memotivasi Shalat Dhuhur Berjamaah Di SMA Islam Raudlatul Falah Gembong Pati

Azizah, Anisatul (2020) Implementasi Pembelajaran Kitab Bulughul Maram Dalam Memotivasi Shalat Dhuhur Berjamaah Di SMA Islam Raudlatul Falah Gembong Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover-Kata pengantar.pdf

Download (614kB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (543kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (143kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (280kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (512kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (173kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (364kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (206kB)
[img] Text
9.Daftar Pustaka.pdf

Download (273kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui proses pembelajaran kitab Bulughul Maram dalam memotivasi shalat dhuhur berjamaah siswa di SMA Islam Raudlatul Falah Gembong Pati. 2) Untuk mengetahui faktor penghambat dan faktor pendukung pembelajaran kitab Bulughul Maram dalam memotivasi shalat dhuhur berjamaah siswa di SMA Islam Raudlatul Falah Gembong Pati. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis pendekatan yang digunakan adalah penelitian lapangan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara guru hadits, siswa dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan beberapa tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan verivikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) siswa termotivasi mengikuti shalat dhuhur berjamaah melalui penerapan pembelajaran kitab Bulughul Maram karena di dalamnya terdapat hadits hukum beribadah salah satu nya bab sholat berjamaah. Pembelajaran kitab Bulughul Maram lengkap dengan ilmu fiqih yang mudah di fahami siswa melalui metode sorogan dan bandongan. 2) faktor penghambatnya masih ada siswa yang dari SMP belum bisa membaca huruf pegon, siswa yang lupa membawa kitab mengakibatkan tertinggal memberi makna dengan siswa lain dan waktu yang kurang mencukupi ketika penerapan sorogan siswa satu persatu maju disimak guru membutuhkan waktu yang cukup lama. Sedangkan faktor pendukungnya adalah adanya sarana dan prasarana yang lengkap, adanya guru pendamping ketika shalat berjamaah serta adanya motivasi dari sang guru ketia proses pembelajaran kitab Bulughul Maram.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bulughul Maram, Motivasi, Shalat Berjamaah
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Jun 2021 07:15
Last Modified: 21 Jun 2021 07:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4450

Actions (login required)

View Item View Item