Pengaruh Metode Pembelajaran Billboard Ranking Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X Mata Pelajaran Fiqih di MA Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020

Latifah, Nurul (2019) Pengaruh Metode Pembelajaran Billboard Ranking Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X Mata Pelajaran Fiqih di MA Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (274kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (284kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (480kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (697kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (354kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (503kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (249kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (340kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki problem bahwa hasil belajar siswa kelas X masih tergolong rendah karena pembelajaran di dalam kelas yang masih bersifat monoton sehingga perlu penggunaan metode pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan metode pembelajaran Billboard Ranking pada mata pelajaran Fiqih di MA Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus; (2) Hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus; (3) Pengaruh antara metode pembelajaran Billboard Ranking terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif yaitu penelitian yang bekerja dengan angka yang diolah dengan metode statistik. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode yaitu: tes, wawancara, observasi dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan peserta didik kelas X MA Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus, kemudian diambil sampel keseluruhan peserta didik yaitu keseluruhan anggota populasi sebesar 44 peserta didik dengan menggunakan teknik nonprobability sampling yang dipilih adalah sampling jenuh. Dalam analisis ini penulis menggunakan analisis statistik yaitu uji Independent Sample T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan metode pembelajaran Billboard Ranking di MA Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus dalam kategori baik sekali yaitu sebesar 87.27 (80-100) artinya data tergolong sangat baik; (2) Hasil Belajar peserta didik di MA Darul Ulum Ngembalrejo Bae Kudus pada mata pelajaran Fiqih dalam kategori sangat baik yaitu kelas X1 sebesar 87.27 dan X2 sebesar 80.91 (80-100) artinya data tergolong sangat baik; (3) terdapat pengaruh yang signifikan antara metode pembelajaran Billboard Ranking dengan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Fiqih, dengan perhitungan uji statistik parametris dengan menggunakan uji t-test yang diperoleh thitung > ttabel (3,097 > 2,021). Ini berarti bahwa terdapat pengaruh metode pembelajaran Billboard Ranking terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih; (4) Penerapan metode pembelajaran Billboard Ranking pada mata pelajaran Fiqih materi zakat memiliki pengaruh yang sangat signifikan yang dibuktikan dengan hasil belajar siswa yang tergolong sangat baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran, Billboard Ranking, Hasil Belajar Siswa, Fiqih
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Jun 2021 03:43
Last Modified: 22 Jun 2021 03:43
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4467

Actions (login required)

View Item View Item