PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PEMAHAMAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VIII DI MTS NURUL HUDA DEMPET DEMAK TAHUN PELAJARAN 2015/2016

FEBRIYANI, EKA SUCI (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) TERHADAP PEMAHAMAN SISWA DALAM MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS KELAS VIII DI MTS NURUL HUDA DEMPET DEMAK TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (936kB)
[img] Text
2 ABSTRAK.pdf

Download (379kB)
[img] Text
3 DAFTAR ISI.pdf

Download (398kB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (460kB)
[img] Text
5 BAB II.pdf

Download (602kB)
[img] Text
6 BAB III.pdf

Download (148kB)
[img] Text
7 BAB IV.pdf

Download (519kB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (383kB)
[img] Text
9 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (382kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dan Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap pemahaman siswa dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas VIII di MTs Nurul Huda Dempet Demak. Peneliti menggunakan jenis penelitian eksperimen. Penelitian eksperimen diartikan sebagai penelitian yang dilakukan dengan cara melakukan percobaan atau memberi perlakuan pada suatu obyek atau ubahan yang diteliti. Desain yang digunakan adalah true experimental design (eksperimen yang betul-betul), bentuk desain true experimental design yaitu “Pretest – Posttest Control Group Design Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs Nurul Huda Dempet Demak tahun pelajaran 2015/2016. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari semua siswa kelas VIII. Cara pengambilan sampelnya dengan menggunakan Simple Random Sampling dikatakan simple (sederhana) karena pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Sampel dalam penelitian ini dibagi menjadi dua kelompok yang dipilih secara random yaitu kelas VIII A berjumlah 44 siswa sebagai kelompok eksperimen (diberi perlakuan model pembelajaran TGT dan STAD sedangkan kelas VIII B berjumlah 39 sebagai kelompok kontrol diberi perlakuan model pembelajaran STAD. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode tes dan metode dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji t-tes. Berdasarkan hasil uji asumsi klasik pada nilai pre tes diperoleh bahwa sampel yang berasal dari kelompok eksperimen dan kontrol berdistribusi normal, serta varians dari kedua kelompok homogen atau sama dan tidak ada perbedaan pemahaman siswa dari kedua kelompok yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Sedangkan pada nilai post tes diperoleh bahwa sampel yang berasal dari kelompok eksperimen dan kontrol berdistribusi normal, serta varians dari kedua kelompok tidak homogen atau memiliki perbedaan. Berdasarkan hasil analisis data tahap akhir (post tes) pada perhitungan uji-t bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ada perbedaan dari keduanya. Dengan demikian bahwa“Ada pengaruh model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dan Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap pemahaman siswa dalam mata pelajaran Al-Qur’an hadits kelas VIII di MTs Nurul Huda Dempet Demak tahun pelajaran 2015/2016 .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT), Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD), dan Pemahaman Siswa.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 05 Feb 2017 04:45
Last Modified: 05 Feb 2017 04:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/447

Actions (login required)

View Item View Item