Penanaman Karakter Sosial Emosional Terhadap Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisisonal Cublak-Cublak Suweng Di TPA Lentera Day Care Jepang Mejobo Kudus

Rahmawati, Richa Ayu (2020) Penanaman Karakter Sosial Emosional Terhadap Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisisonal Cublak-Cublak Suweng Di TPA Lentera Day Care Jepang Mejobo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAKSI.pdf

Download (252kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (195kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (594kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (803kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (527kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (793kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (367kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (367kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAK A.pdf

Download (290kB)

Abstract

Latar Belakang dan Tujuan: Pentingnya penanaman karakter soaial emosional terhadap anak usia dini ini merupakan bentuk pendidikan yang wajib dikenalkan dan ditanamkan kepada anak-anak sejak usia dini. Pendidikan ini mengajarkan kepada anak untuk berbuat dan membiasakan diri berbuat kebaikan. Pendidikan karakter menjadi sangat penting karena selama ini banyak anak yang memiliki sikap jauh dari nilai-nilai karakter terpuji. Ada anak yang suka berbohong, bermalas-malasan, tidak kreatif, serta tidak peduli sosial dan lingkungan. Bahkan terdapat anak yang melakukan tindakan kriminalitas yang dapat merugikan orang lain maupun dirinya sendiri. Selain itu, sikap yang tidak mencerminkan karakter ialah mengutamakan kepentingan pribadi dibandingkan kepentingan bangsa dan negara. Oleh karena itu, pendidikan karakter harus terus ditanamkan sedini mungkin kepda anak-anak. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui “Penanaman Karakter Soaial emosional Terhadap Anak Usia Dini Melalui Permainan Tradisional Cublak-cublak suweng di TPA Lentera Day Care Jepang Mejobo Kudus Tahun Ajar 2020/2021’’. Metode Penelitian: penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif analitik, yaitu data yang diperoleh seperti hasil pengamatan, hasil wawancara, hasil pemotretan, analisis dokumen, catatan lapangan, disusun peneliti di lokasi penelitian, tidak dituangkan dalam bentuk angka-angka. Data tersebut dideskripsikan menurut suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Hasil penelitian: setelah data-data terkumpul dan dianalisis maka memperoleh penemuan yaitu:1. Permainan tradisional cublak-cublak suweng dilaksanakan di TPA Lentera Day Care Jepang Mejobo Kudus Selain permainan tradisional cublak-cublak suweng di TPA Lentera Day Care Mejobo Kudus dapat penumbuhkan penghargaan tinggi terhadap budayabangsa melalui penumbuhan rasa percaya diri terhadap anak. 2. penanaman karakter soaial emosional di TPA Lentera Day Care Jepang Mejobo Kudus dapat menumbuhkan rasa menghargai lingkungan sosial bangsa, melalui penerapan kemistri terhadap teman dan menciptakan kebersamaan serta memudahkan adaptasi, berbaur dan berinteraksi. 3. penanaman karakter soaial emosional terhadap anak usia dini melalui permainan tradisional cublak-cublak suweng yang dilaksanakan di TPA Lentera Day Care Jepang Mejobo Kudus dapat menumbuhkan kerukunan melalui penanaman jiwa sportif dan jujur. Serta menumbuhkan kerukunan melalui penyampaian peraturan yang jelas dan konsisten.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Karakter, Sosial Emosional, Permainan Tradisional, Cublak-Cublak Suweng.
Subjects: Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 22 Jun 2021 07:10
Last Modified: 22 Jun 2021 07:10
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4473

Actions (login required)

View Item View Item