Penerapan Metode CIRC (Cooperative Integrated Reading Composition) dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis aksara jawa siswa kelas III di MI NU Islamiyah Gamong Kaliwungu Kudus

Fitriyana, Nailal Hidayati (2021) Penerapan Metode CIRC (Cooperative Integrated Reading Composition) dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis aksara jawa siswa kelas III di MI NU Islamiyah Gamong Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (992kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (122kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (131kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (297kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (492kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (229kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (491kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (197kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (209kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading Composition) dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis aksara jawa siswa kelas III di MI NU Islamiyah Gamong Kaliwungu Kudus. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang lebih menekankan analisisnya pada penyimpulan deduktif dan induktif serta pada analisis terhadap dinamika hubungan antar fenomena yang diamati dengan menggunakan logika ilmiah. Subyek penelitian ini yaitu Guru mata pelajaran bahasa jawa kelas III dan siswa kelas III yang berjumlah 10 orang siswa. Instrumen atau alat dalam penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini, menggunakan beberapa teknik yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini triangulasi (cros check), menggunakan bahan referensi dan mengadakan member check. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Penggunaan Metode CIRC di kelas III MI NU Islamiyah Gamong adalah metode yang memfokuskan pembelajaran ke dalam proses membaca dan menulis dan untuk mengetahui berhasil atau tidaknya metode ini dapat dilihat dari keaktifan siswa selama proses pembelajaran menggunakan metode CIRC; (2) Tingkat kemampuan membaca dan menulis aksara jawa siswa kelas III di MI NU Islamiyah Gamong sangat beragam. Hal tersebut dapat dilihat dari ketika siswa disuruh untuk membaca huruf aksara jawa apakah sudah bisa atau belum, dan ketika di beri tugas apakah siswa sudah dapat menulis huruf aksara jawa; (3) Penerapan metode CIRC (Cooperative Integrated Reading Composition) dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis aksara jawa siswa kelas III di MI NU Islamiyah Gamong Kaliwungu Kudus. Hasil rata-rata sesuai dengan prosentase dari kriteria tingkat kemampuan membaca dan menulis aksara jawa yaitu dapat membaca kata beraksara jawa 90,69% (tinggi), dapat membaca kata beraksara jawa 78,57% (sedang), membedakan setiap huruf aksara jawa dengan benar (dari Ha sampai La) mendapatkan 97,36 (tinggi), menirukan bunyi huruf aksara jawa sebanyak 94,87% (tinggi). Jadi rata-rata berdasarkan prosentase tersebut siswa kelas III sudah bisa membaca huruf aksara jawa, membedakan hurufnya secara baik, tetapi untuk menuliskan huruf aksara jawa perlu bimbingan dari guru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode CIRC, Kemampuan Membaca dan Menulis Aksara Jawa
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Membaca
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Jun 2021 02:32
Last Modified: 23 Jun 2021 02:32
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4483

Actions (login required)

View Item View Item