Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Terhadap Pemahaman Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas V di MI Maslakul Falah Klaling Jekulo Kudus

Noor, Mafaza (2020) Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Teams Games Tournaments (TGT) Terhadap Pemahaman Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas V di MI Maslakul Falah Klaling Jekulo Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover -Kata Pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (198kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (233kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (425kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (664kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (496kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (515kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (219kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (278kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui seberapa besar pemahaman mata pelajaran SKI pada peserta didik kelas V sebelum menggunakan model Cooperative Learning tipe TGT. (2) Untuk mengetahui seberapa besar pemahaman mata pelajaran SKI pada peserta didik kelas V setelah menggunakan model Cooperative Learning tipe TGT (3) Untuk mengetahui apakah ada pengaruh model Cooperative Learning tipe TGT terhadap pemahaman peserta didik pada mata pelajaran SKI kelas V Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan bentuk penelitian quasi eksperimen design dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Adapun pendekatan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan teknik yaitu: observasi, dokumentasi, tes, dan angket. Adapun yang menjadi responden adalah peserta didik kelas V MI Maslakul Falah dengan jumlah peserta didik adalah 19 orang. Terdapat item angket 20 sebagai variabel (X) dan item tes 18 sebagai variabel (Y). Hasil penelitian ini adalah: (1) Pemahaman mata pelajaran SKI pada peserta didik kelas V sebelum menggunakan model Cooperative Learning tipe (TGT) (pretest), diperoleh rata-rata yaitu 69,05. Sedangkan untuk hasil perhitungan thitung lebih kecil dari ttabel -0,373 < 1,734. (2) Pemahaman mata pelajaran SKI pada peserta didik kelas V setelah menggunakan model Cooperative Learning tipe TGT (posttest), diperoleh rata-rata yaitu 77,74. Sedangkan hasil perhitungan thitung lebih dari ttabel 2,720 >1,734. (3) Pengaruh model Cooperative Learning tipe TGT berpengaruh terhadap pemahaman peserta didik. Hal ini dibuktikan dari adanya perbedaan pemahaman posttest dan pretest dengan thitung sebesar 5,238 yang lebih dari ttabel 1,734. Jadi, ada pengaruh model Cooperative Learning tipe TGT dengan besaran pengaruh 26.3%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Cooperative Learning tipe Teams Games Tournaments (TGT) (Variabel X), Pemahaman Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Variabel Y)
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Jun 2021 02:35
Last Modified: 23 Jun 2021 02:35
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4484

Actions (login required)

View Item View Item