Studi Komparasi Media Permainan Kartu Kwartet dan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas V Di MI NU Ma’rifatul Ulum 01 Mijen Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021

Ni’mah, Khoirun (2021) Studi Komparasi Media Permainan Kartu Kwartet dan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Kognitif Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Kelas V Di MI NU Ma’rifatul Ulum 01 Mijen Kaliwungu Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. Bagian Depan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (443kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (550kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (735kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (742kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (641kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (354kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (455kB)

Abstract

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang mengambil sumber data berasal dari lapangan. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Penelitian eksperimen merupakan metode penelitian yang digunakan untuk mengetahui pengaruh dari suatu tindakan atau perlakuan tertentu yang disengaja dilakukan terhadap suatu kondisi tertentu. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas V di MI NU Ma’rifatul Ulum 01 Mijen, Kaliwungu, Kudus yang berjumlah 2 kelas yaitu kelas V A (18 siswa) dengan jumlah keseluruhan 34 siswa dengan menjadikan kelas VA dan VB sebagai sampel penelitian. Analisis uji yang digunakan dalam penelitian ini ialah uji independent sampel t test. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa: (1) hasil belajar kognitif siswa pada kelas V mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang menggunakan media permainan kartu kwartet tergolong kategori cukup. Hal ini didapatkan dengan berpedoman pada µ0 = 78 yang berada di rentang interval 76 – 80. Dengan nilai thitung lebih kecil sama dengan dari ttabel (0,151 ≤ 2,1098) maka dengan demikian H0 diterima dan Ha ditolak; (2) hasil belajar kognitif siswa pada kelas V mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang menggunakan media gambar tergolong kategori cukup. Hal ini didapatkan dengan berpedoman µ0 = 70 berada di rentang nilai interval 70-73. Dengan nilai thitung lebih kecil sama dengan dari ttabel (0,459 ≤ 2,1314) maka dengan demikian H0 diterima dan Ha ditolak; (3) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kognitif siswa yang menggunakan media permainan kartu kwartet dengan media gambar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Kelas V. Hal ini berdasarkan hasil perhitungan yang diperoleh bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel (4,163 > 2,0369) maka H0 ditolak dan Ha diterima. Sehingga dengan demikian media permainan kartu kwartet lebih efektif dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas V di MI NU Ma’rifatul Ulum 01 Mijen, Kaliwungu, Kudus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Kartu Kwartet, Hasil Belajar Kognitif
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Jun 2021 02:42
Last Modified: 23 Jun 2021 02:42
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4485

Actions (login required)

View Item View Item