Sholfiatun, Nur (2020) Pengaruh Media Audio Visual terhadap Motivasi Belajar PAI Siswa Kelas VII (Studi Kasus Pembelajaran Daring di SMP Negeri 2 Karanganyar Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
FILE 1 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf Download (632kB) |
|
Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf Download (477kB) |
|
Text
FILE 4 BAB I.pdf Download (940kB) |
|
Text
FILE 5 BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
FILE 6 BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
FILE 7 BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
FILE 8 BAB V.pdf Download (519kB) |
|
Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (495kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) penggunaan media audio visual dalam pembelajaran Daring di SMP Negeri 2 Karanganyar Demak, (2) motivasi belajar PAI siswa kelas VII dalam pembelajaran daring di SMP Negeri 2 Karanganyar Demak. (3) pengaruh pengguanaan media audio visual terhadap motivasi belajar PAI siswa kelas VII dalam pembelajaran Daring di SMP Negeri 2 Karanganyar Demak. Jenis penelitian menggunakan penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data penelitian menggunakan angket dengan jumlah populasi siswa kelas VII sebanyak 134 siswa. Meskipun pembelajaran dilakukan di rumah masing-masing, penyebaran angket melalui dua jalur, yakni sebagian dengan google form dan sebagian lagi secara langsung. Hal tersebut karena pada waktu itu di SMP Negeri 2 Karanganyar Demak sedang melakukan percobaan pembelajaran tatap muka langsung selama 2 minggu saja. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling yang berjumlah 100 responden. Analisis data penelitian menggunakan analisis deskriptif dan analisis asosiatif dengan bantuan program SPSS V.21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penggunaan media audio visual dalam pembelajaran Daring di SMP Negeri 2 Karanganyar Demak dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 50,82 masuk dalam skala interval 46-52. (2) Sedangkan motivasi belajar PAI siswa kelas VII dalam pembelajaran Daring di SMP Negeri 2 Karanganyar Demak diperoleh nilai rata-rata 47,76 yang masuk dalam kategori baik dengan skala interval 47-53. (3) Besarnya pengaruh penggunaan media audio visual terhadap motivasi belajar PAI siswa dalam pembelajaran Daring ditunjukan dengan hasil koefisien determinasi (Rsquare) sebesar 0,191. Pernyataan tersebut menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan media audio visual berkontribusi sebesar 19,1% terhadap motivasi belajar PAI siswa di SMP Negeri 2 Karanganyar Demak, dan 80,9% dipengaruhi oleh faktor lain.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media audio visual, motivasi PAI, pembelajaran daring |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 23 Jun 2021 04:33 |
Last Modified: | 23 Jun 2021 04:33 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4502 |
Actions (login required)
View Item |