IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA MATA PELAJARAN FIQIH DALAM MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X DI MA DARUL HIKMAH MENGANTI KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017

Restiana Dewi, Lina (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN WORD SQUARE PADA MATA PELAJARAN FIQIH DALAM MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X DI MA DARUL HIKMAH MENGANTI KEDUNG JEPARA TAHUN PELAJARAN 2016/2017. Skripsi thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (950kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (961kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (948kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (888kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (868kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (865kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran word square dalam melatih keterampilan berpikir kritis siswa serta faktor pendukung dan penghambatnya pada mata pelajaran fiqih kelas X di MA Darul Hikmah Menganti Kedung Jepara. Penelitian ini merupakan studi lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data diperoleh melalui observasi non partisipasif , wawancara semi terstruktur, dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti melakukan uji keabsahan data dengan model uji kredibilitas meningkatkan ketekunan dalam penelitian, uji transferability, dan triangulasi. Selanjutnya untuk analisis data, melalui reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah, guru fiqih, serta siswa kelas X MA Darul Hikmah Menganti Kedung Jepara. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran word square pada mata pelajaran fiqih dalam melatih keterampilan berpikir kritis siswa di MA Darul Hikmah Menganti Kedung Jepara dengan cara pendidik menyiapkan beberapa hal yaitu bahan ajar, soal, serta lembar kotak kata. Dalam penerapannya pendidik menerangkan materi fiqih menggunakan metode ceramah. Setelah itu pendidik memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya mengenai materi yang belum dipahami. Kemudian pendidik memberikan soal kotak kata. Penerapan model pembelajaran word square pada mata pelajaran fiqih dalam melatih keterampilan berpikir kritis siswa, pendidik membiasakan peserta didik untuk menyelesaikan suatu permasalahan melalui soal kotak kata dan membiasakan peserta didik untuk berani bertanya dalam proses pembelajaran. Faktor pendukung dalam pelaksanaan model pembelajaran word square pada mata pelajaran fiqih dalam melatih keterampilan berpikir kritis siswa bisa ditinjau dari kecakapan pendidik dalam mengajar, peserta didik memperhatikan pembelajaran dengan baik, bahan ajar, dan juga dari adanya sarana prasarana yaitu LCD proyektor, serta ruang kelas yang dilengkapi dengan pendingin ruangan, serta perpustakaan dengan berbagai koleksi judul buku yang berkaitan dengan mata pelajaran fiqih. Sedangkan faktor penghambatnya berasal dari peserta didik itu sendiri. Masih ada beberapa peserta didik yang pasif, gaduh sendiri, dan kurang memperhatikan penjelasan pendidik. Selanjutnya penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan dan pembelajaran bagi para pemegang kebijakan maupun para guru mata pelajaran fiqih untuk lebih menciptakan lingkungan pembelajaran yang lebih kreatif dan inovatif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran; Word Square; Berpikir Kritis; Fiqih
Subjects: Agama
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Tingkat Sekolah Lanjutan > Tingkat Pertama dan Atas (SMP dan SMA)
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 05 Feb 2017 04:53
Last Modified: 05 Feb 2017 04:53
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/451

Actions (login required)

View Item View Item