Ulum, Maljaul (2021) Internalisasi Nilai-nilai Karakter melalui Ekstrakurikuler Hadrah di MA Qudsiyyah Kudus Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (366kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (388kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (756kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (892kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (540kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (375kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (569kB) |
Abstract
Salah satu problematika yang sedang dialami oleh bangsa adalah kemrosotan nilai-nilai moral generasi bangsa. Oleh sebab itu sekolah atau madrasah menjadi sasaran yang diyakini mampu memperbaiki hal tersebut. Madrasah telah mengupayakan penanaman nilai-nilai karakter dengan mengitregitaskan nilai tersebut kedalam kegiatan ekstrakurikuler, salah satunya yaitu MA Qudsiyyah kudus yang mengaplikasikan penanaman nilai-nilai karkater kepada peserta didik melelui kegiatan ekstrakurikuler hadrah. Ekstrakurikuler hadrah merupakan ekstrakurikuler seni musik yang bertajuk islami dan diharapankan selain sebagai tempat menampung minat serta bakat peserta didik juga dijadikan sebagai tempat pencetak generasi muda yang berkarakter dengan kpribadian islami Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research), dengan menggunakan pendekatan kualitatif yakni jenis penelitian yang temuan-temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistika atau hitungan. Penelitian ini dilakukan di MA Qudsiyyah Kudus dengan subjek penelitian kepala madrasah, guru, pembina ekstrakurikuler, dan peserta didik MA Qudsiyyah Kudus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan melakukan pengamatan (observasi), Interview atau wawancara, dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pelaksanaan internalisasi nilai-nilai karakter peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler hadrah di MA Qudsiyyah berlangsung melalui tiga tahapan antara lain, Tahap Transformasi nilai. Tahap Transaksi nilai, Tahap Trans-internalisasi (2) adapun nilia-nilai karakter yang terkandung didalam kegiatan ekstrakurikuler hadrah antara lain, religius, disiplin, tanggung jawab, peduli, dan percaya diri, kreatif, toleransi, menghargai prestasi dan demokratif, . (3) faktor penghambat terhadap pelaksanaan pembinaan nilai-nili karakter peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler hadrah antara lain, faktor internal yaitu dari diri peserta didik sendiri yang sulit menerima dan memahmi materi yang diberikan oleh pelatih serta masih adanya rasa kurang percaya diri dari peserta didik ketika tampil didepan umum. Adapun faktor eksternal yaitu masih kurangnya fasilitas pendukung seperti jumlah mikrofon sebagai penunjang kegiatan ekstrakurikuler hadrah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Internalisasi Nilai-nilai Karakter, Ekstra Kurikuler Hadrah |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 25 Jun 2021 07:52 |
Last Modified: | 25 Jun 2021 07:52 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4537 |
Actions (login required)
View Item |