Pengaruh Peer Group Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di MTs Mu’allimat Nu Kudus Tahun Ajaran 2019/2020

Ermawati, Ika (2020) Pengaruh Peer Group Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Di MTs Mu’allimat Nu Kudus Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (434kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (366kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (453kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (696kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (668kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (977kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (358kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (455kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian pengaruh peer group terhadap hasil belajar adalah untuk megetahui bagaimana keadaan peer group dan hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Mu’allimat NU Kudus Tahun Ajaran 2019/2020 serta untuk menganalisis apakah peer group berpengruh secara positif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Mu’allimat NU Kudus Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendektan kuantitatif dengan jenis penelitiannya yaitu deskriptif. Teknik yang digunakana dalam pengambilan sampel adalah proportional random sampling. Instrumen untuk pengumpulan data peer group berupa kuesioner skala sikap dan pengumpulan data hasil belajar siswa dari dokumentasi rata-rata nilai rapor semester gasal Tahun Ajaran 2019/2020. Kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan SPSS 16. Obyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII di MTs Mu’allimat NU Kudus Tahun Ajaran 2019/2020 dengan sampel yang berjumlah 143 siswa. Teknik pengujian data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas, uji reabilitas, uji asumsi klasik dan analisis regresi linier sederhana untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Berdasarkan hasil pengolahan data pada uji kecenderungan menunjukkan bahwa peer group masuk dalam kategori sedang. Sedangkan hasil belajar siswa masuk dalam kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis regresi linier sederhana diperoleh bahwa nilai thitung lebih besar dari ttabel (5,387 > 1,960) pada taraf signifikansi 5%. Artinya, peer group berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Mu’allimat NU Kudus Tahun Ajaran 2019/2020. Sumbangan yang diberikan variabel peer group terhadap hasil belajar siswa kelas VIII di MTs Mu’allimat NU Kudus Tahun Ajaran 2019/2020 adalah sebesar 16,5%. Adapun 83,5% nya, hasil belajar siswa dipengaruhi oleh faktor lain selain peer group.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam, Peer Group, Hasil Belajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 25 Jun 2021 08:35
Last Modified: 25 Jun 2021 08:35
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4543

Actions (login required)

View Item View Item