Ni’mah, Badi’a Nurul (2020) Dampak Lingkungan Sekolah Islami dalam Membentuk Perkembangan Nilai Agama dan Moral Anak Usia Dini di RA Muslimat NU Islahussalafiyah Getassrabi, Kecamatan Gebog, Kabupaten Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
FILE 1 COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
FILE 2 ABSTRAK.pdf Download (527kB) |
|
Text
FILE 3 DAFTAR ISI.pdf Download (473kB) |
|
Text
FILE 4 BAB I.pdf Download (813kB) |
|
Text
FILE 5 BAB II.pdf Download (986kB) |
|
Text
FILE 6 BAB III.pdf Download (963kB) |
|
Text
FILE 7 BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
FILE 8 BAB V.pdf Download (692kB) |
|
Text
FILE 9 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (667kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk mengetahui lingkungan sekolah di RA Muslimat NU Islahussalafiyah Getassrabi, 2) untuk mengetahui perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini di RA Muslimat NU Islahussalafiyah Getassrabi, dan 3) untuk mengetahui apa saja dampak lingkungan sekolah islami dalam membentuk perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini di RA Muslimat NU Islahussalafiyah Getassrabi. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitiatif dengan analisis deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah (a) Sumber data primer meliputi kepala sekolah, dan guru RA Muslimat NU Islahussalafiyah Getassrabi (b) Sumber data sekunder meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH), struktur organisasi, jadwal proses pembelajaran, data pendidik, dan data peserta didik. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yakni dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi berupa data-data tentang gambaran RA Muslimat NU Islahussalafiyah Getassrabi. Adapun instrumen penelitian yang digunakan yakni human isntrument (peneliti sebagai isntrumen). Informan dalam penelitian ini adalah 3 orang diantaranya kepala sekolah, guru kelas A1, dan guru kelas B. Hasil analisis data diperoleh temuan-temuan yakni 1) lingkungan sekolah islami di RA Muslimat NU Islahussalafiyah Getassrabi meliputi kegiatan-kegiatan yang mencerminkan ketaqwaan dan penyeraha diri kepasa Allah SWT, seperti membiasakan anak-anak senang melafalkan Al-qur’an dan hadistnya, mengajari anak memahami pentingnya cinta kepada Allah dan rasulnya serta alam seisinya, membiasakan anak berakhlakul karimah, melatih anak berprilaku disiplin, dan menghargai sesama makhluk hidup. 2) Metode yang digunakan dalam pembentukan perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini di RA Muslimat NU Islahussalafiyah Getassrabi merupakan metode pembiasaan diantaranya pembiasaan rutin, pembiasaan spontan, pembiasan keteladanan, serta pembiasaan terpogram. 3) Dampak lingkungan sekolah islami dalam meningkatkan perkembangan nilai agama dan moral anak usia dini di RA Muslimat NU Islahussalafiyah Getassrabi yaitu anak lebih mencintai Allah SWT dan Rasulnya, anak senang melafalkan ayat-ayat alqur’an dan hadist, anak terbiasa melakukan amalan-amalan yang dianjurkan, seperti membiasakan do’a, sholawat, dan asmaul husna, anak terbiasa berakhlak mulia, dan anak terbiasa disiplin dalam melakukan sesuatu.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Lingkungan Sekolah Islami, Nilai Agama dan Moral, Anak Usia Dini. |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 28 Jun 2021 02:26 |
Last Modified: | 28 Jun 2021 02:26 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4557 |
Actions (login required)
View Item |