Pembelajaran Kitab di Pondok Pesantren Tahfidz Putri Kuttabul Banat Lasem Rembang Tahun 2020/2021

Mu’awanah, Mu’awanah (2021) Pembelajaran Kitab di Pondok Pesantren Tahfidz Putri Kuttabul Banat Lasem Rembang Tahun 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (348kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (272kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (612kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (778kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (427kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (780kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (1MB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (464kB)

Abstract

Tujuan penelitian dalam pembahasan ini adalah (1) Untuk mengetahui pembelajaran kitab di Pondok Pesantren Tahfidz Putri Kuttabul Banat Lasem Rembang. (2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat pembelajaran kitab di Pondok Pesantren Putri Kuttabul Banat Lasem Rembang. Penelitian ini berjenis penelitian lapangan (field research), menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara dengan pengasuh (kiai), ustazah tahfidz, ustaz fiqh, ustaz akidah akhlak, ustaz tasawuf, 3 santri tahfidz 30 juz (kelas 1, 2, 3), ustaz tahfidz dari Pondok Tahfidz Al-Hadi Lasem, dan Pegawai Kemenag Lasem Bagian Pelaksana Bimas Islam, observasi di PPTP. Kuttabul Banat Lasem Rembang, dan dokumentaasi. Semua data dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif yaitu: reduksi data (data reduction) berupa memilih hal pokok yang berkaitan dengan pembelajaran kitab yaitu pemilihan strategi, metode pembelajaran, proses pembelajaran tahfidz dan kajian kitab, dan evaluasinya, penyajian data (data display) berupa pemilihan strategi belajar dan metode pembelajaran Tahfidz serta kajian kitab, proses pembelajaran tahfidz dan kajian kitab, lalu menghasilkan pemahaman pada materi tahfidz serta kajian kitab (fiqh, akidah akhlak, tasawuf), kemahiran dalam menghafal Al-Qur’an sekaligus meningkatkan kemampuan membaca kitab fiqh, akidah akhlak, dan tasawuf, lalu kesimpulan (verification). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Pembelajaran kitab di PPP. Kuttabul Banat Lasem Rembang diterapkan melalui pembelajaran tahfidz dan kajian kitab fiqh, akidah akhlak, tasawuf. Bukti keberhasilan pembelajaran kitab diketahui dari peningkatan kompetensi materi tahfidz dan kajian kitab, serta bertambahnya kemampuan menghafal Al-Qur’an, membaca kitab fiqh, akidah akhlak, tasawuf. Kegiatan tahfidz dan kajian kitab berpusat pada inti pembelajarannya. Artinya, saat pembelajaran tahfidz tidak ada pembahasan tentang materi kajian kitab, tetapi santri tahfidz 30 juz dianjurkan untuk membaca dan memahami makna ayat supaya cepat hafal dan paham ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan materi kajian kitab. Saat pembelajaran kitab tidak ada pembahasan tentang ayat-ayat Al-Qur’an yang berkaitan dengan materi kajian kitab (fiqh, akidah akhlak, tasawuf).. 2) Faktor pendukung pembelajaran kitab` yaitu pemilihan strategi dan metode pembelajaran yang tepat pada pembelajaran tahfidz dan kajian kitab, ada waktu untuk mempelajari hafalan dan materi kitab, santri fokus pada pembelajaran. Faktor penghambat pembelajaran kitab yaitu rasa capek, mengantuk, santri kurang fokus, dan jenuh pada pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Kitab, Tahfidz
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Jun 2021 03:03
Last Modified: 28 Jun 2021 03:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4567

Actions (login required)

View Item View Item