Pengaruh Shalat Dhuhur Berjamaah Dan Tadarrus Alquran Terhadap Kemampuan Afektif Siswa Di MTs Hidayatul Mustafidin Lau Dawe Kudus

Majid, Syaiful (2019) Pengaruh Shalat Dhuhur Berjamaah Dan Tadarrus Alquran Terhadap Kemampuan Afektif Siswa Di MTs Hidayatul Mustafidin Lau Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER - KATA PENGANTAR.pdf

Download (890kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (285kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (218kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (468kB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf

Download (894kB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf

Download (484kB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf

Download (792kB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (129kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (240kB)

Abstract

ABSTRAK Syaiful Majid (1310120013), Judul Skripsi : “Pengaruh Shalat Dhuhur Berjamaah Dan Tadarrus Alquran Terhadap Kemampuan Afektif Siswa Di MTs Hidayatul Mustafidin Lau Dawe Kudus”. Skripsi, 2019, Jurusan Tarbiyah IAIN Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan shalat dhuhur berjamaah di MTs Hidayatul Mustafidin Lau Dawe Kudus. 2) Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan tadarrus Alquran di MTs Hidayatul Mustafidin Lau Dawe Kudus. 3) Untuk mengetahui bagaimana kemampuan afektif siswa di MTs Hidayatul Mustafidin Lau Dawe Kudus. 4) Untuk mengetahui adakah pengaruh antara shalat dhuhur berjamaah dan tadarrus Alquran terhadap kemampuan afektif siswa di MTs Hidayatul Mustafidin Lau Dawe Kudus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, angket (kuesioner), dan dokumentasi terhadap instansi terkait di MTs Hidayatul Mustafidin Lau Dawe Kudus. Hasil penelitian menunjukan pengaruh sholat dhuhur berjamaah dan tadarrus Alquran terhadap kemampuan afektif siswa MTs Hidayatul Mustafidin Lau Dawe Kudus, meliputi: 1) Sholat dhuhur berjamaah adalah terbilang mempunyai pengaruh yang baik karena hasil mean (rata-rata) angket sholat dhuhur berjamaah menunjukkan nilai sebesar 32.54 dari 33 responden dan termasuk dalam interval (27 - 32) yang merupakan kategori “baik”. 2) Tadarrus Alquran adalah terbilang mempunyai pengaruh yang baik karena hasil mean (rata-rata) tadarrus Alquran menunjukkan nilai sebesar 19.54 dari 33 responden dan termasuk dalam interval (18 - 20) yang merupakan kategori “baik”.. 3) Kemampuan afektif siswa adalah terbilang mempunyai pengaruh yang baik karena hasil mean (rata-rata) kemampuan afektif siswa menunjukkan nilai sebesar 32.84 dari 33 responden dan termasuk dalam interval (30 - 34) yang merupakan kategori “baik”. 4) Hasil analisis angka menggunakan korelasi Product Moment yang dimasukkan kedalam software SPSS 16.00 for windows sebesar 0.976. Nilai tersebut berarti bahwa 97.6% perubahan pada variabel kemampuan afektif siswa (Y) dapat ditentukan oleh sholat dhuhur Berjamaah (X1) dan tadarrus Alquran (X2), sedangkan 2.4% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Uji signifikansi hipotesis ketiga menunjukkan nilai Fhitung sebesar 6.907. Nilai tersebut lebih besar dari nilai F tabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 3.28. Hal ini berarti hipotesis diterima sehingga dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara sholat dhuhur berjamaah dan tadarrus Alquran terhadap kemampuan afektif siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Shalat Dhuhur Berjamaah, Tadarrus Alquran, Kemampuan Afektif Siswa
Subjects: Akhlak dan Tasawuf
Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 28 Jun 2021 06:18
Last Modified: 28 Jun 2021 06:18
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4583

Actions (login required)

View Item View Item