Strategi Dakwah Program Mutiara Hikmah Di IMTV Semarang Dalam Memperluas Ajaran Islam. Skripsi. Kudus: fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam

Faida, Liswatun (2019) Strategi Dakwah Program Mutiara Hikmah Di IMTV Semarang Dalam Memperluas Ajaran Islam. Skripsi. Kudus: fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (545kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (551kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (371kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (963kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (654kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (273kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui strategi dakwah dalam memperluas ajaran Islam, (2) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penyampaian dakwah. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi. Dalam penelitian ini penulis melakukan studi lapangan di IMTV Semarang. Subyek dalam penelitian ini terdiri dari station manager IMTV Semarang, pemimpin redaksi IMTV Semarang, dan beberapa masyarakat yang ada di Semarang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi dakwah program Mutiara Hikmah dalam memperluas ajaran Islam yaitu: dakwah selain disiarkan melalui televisi juga dilakukan ke pesantren-pesantren dengan ditambahkan dengan metode tanya jawab, dan melalui media Youtobe. 2) Terdapat faktor pendukung dan penghambat dalam penyampaian dakwah. Faktor pendukung internal: royalitas dan totalitas semua karyawan dalam membuat sebuah karya atau program yang akan dijalankan, semangat yang tinggi yang dimiliki masing-masing karyawan, serta kekompakan dan kerjasama yang selalu dibangun oleh semua karyawan. Faktor eksternal: peminat atau penonton yang banyak, kerjasama dan respon yang baik dari pihak pesantren, dan penggabungan antara media televisi analog dan Youtobe yang membuat penonton lebih banyak. Sedangkan faktor penghambat secara internal yaitu: keterbatasan Sumber Daya Manusia (SDM), dan menentukan tema. Faktor eksternal: waktu yang dibutuhkan cukup panjang, susah sinyal, transportasi yang lebih tinggi, biaya operasional yang lebih besar dan cuaca yang mudah berubah. Upaya untuk meminimalisir hambatan dalam penyampaian dakwah diantaranya dengan cara melakukan pemetaan dakwah, menentukan metode dakwah terlebih dahulu sebelum mensiarkan dakwah, membuat langkah-langkah atau membuat jadwal dalam pelaksanaan strategi dakwah, serta mengevaluasi saat berlangsung dan sesudah dilakukannya aktivitas dakwah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Dakwah, Mutiara Hikmah, IMTV Semarang, Ajaran Islam
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Jun 2021 06:25
Last Modified: 28 Jun 2021 06:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4584

Actions (login required)

View Item View Item