PENERAPAN CREATIVE APPROACH DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER BERBASIS POTENSI DIRI SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI NAHRUS SALAMAH JAKEN PATI

Mahmudah, Ulfah darwis (2016) PENERAPAN CREATIVE APPROACH DALAM PENGEMBANGAN KARAKTER BERBASIS POTENSI DIRI SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MI NAHRUS SALAMAH JAKEN PATI. Undergraduate thesis, Stain Kudus.

[img] Text
01 Cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
02 ABSTRAK.pdf

Download (378kB)
[img] Text
03 daftar isi.pdf

Download (388kB)
[img] Text
04 BAB I.pdf

Download (405kB)
[img] Text
05 BAB II.pdf

Download (474kB)
[img] Text
06 BAB III.pdf

Download (405kB)
[img] Text
07 Bab IV.pdf

Download (963kB)
[img] Text
08 BAB V.pdf

Download (393kB)
[img] Text
09 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (381kB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan adalah berupa penelitian lapangan. Penelitian ini membahas tentang bagaimana bentuk implementasi suatu pendekatan yaitu pendekatan kreatif (creative approach) dalam pengembangan karakter berbasis potensi diri siswa. Penelitian ini berlokasi di Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Jaken Kabupaten Pati. Penelitian ini termasuk penelitian Deskriptif yaitu suatu bentuk penelitian, yang paling besar, dan menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian tidak didasarkan pada sampel statistik. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang bagaimana proses pembelajaran Akidah Akhlak ?, bagaimana implementasi pendekatan kreatif (creative approach) dalam pengembangan karakter berbasis potensi diri siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak ?, apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pendekatan kreatif (creative approach) dalam pengembangan karakter berbasis potensi diri siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak ? dan bagaimana dampak dari implementasi pendekatan kreatif (creative approach) dalam pengembangan karakter berbasis potensi diri siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MI Nahrus Salamah Jaken Pati ?. selain itu tujuan dari penerapan creative approach pada mata pelajaran Akidah Akhlak diharapkan mampu mengembangkan karakter berbasis potensi diri yang ada pada masing-masing siswa MI Nahrus Salamah Jaken Pati. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yang bertujuan memberikan gambaran mengenai permasalahan yang diteliti. Pengumpulan data data dengan menggunakan pedoman observasi, yaitu observasi parsitipatif, wawancara, dokumentasi, dan trianggulasi. Hasil penelitian yang didapatkan menyebutkan bahwa penerapan pendekatan kreatif (creative approach) adalah pendekatan yang mampu mengembangkan kreativitas dan rasa ingin tahu siswa. Pendekatan kreatif adalah pendekatan pembelajaran yang mana didalamnya terdapat berbagai bentuk model dan teknik pembelajaranyang mendukung. Dengan menggunakan pendekatan kreatif terbukti mampu mengembangkan karakter berbasis potensi yang ada pada masing-masing diri siswa sesuai dengan bakat dan minat masing-masing siswa di MI Nahrus Salamah Jaken Pati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Creatif ; Approach; Pengembangan; Karakter; Berbasis; Potensi diri ; Akidah Akhlak
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 05 Feb 2017 05:27
Last Modified: 05 Feb 2017 05:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/461

Actions (login required)

View Item View Item