Istiqomah, Istiqomah (2019) Implementasi Metode Sima’i dan Takrar Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Alquran di MI NU Miftahul Huda 02 Karangmalang Gebog Kudus Tahun 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (943kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (228kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (271kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (469kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (857kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (316kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (883kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (187kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (362kB) |
Abstract
Istiqomah (NIM. 1510310083). Implementasi Metode Sima’i dan Takrar Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Alquran di MI NU Miftahul Huda 02 Karangmalang Gebog Kudus Tahun 2018/2019. Skripsi Fakultas Tarbiyah, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Institut Agama Islam Negeri Kudus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Implementasi metode sima’i dan takrar dalam meningkatkan kemampuan menghafal Alquran di MI NU Miftahul Huda 02 Karangmalang Gebog Kudus Tahun 2018/2019. (2) Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam meningkatkan kemampuan menghafal Alquran di MI NU Miftahul Huda 02 Karangmalang Gebog Kudus Tahun 2018/2019. (3) Untuk mengetahui solusi dalam meningkatkan kemampuan menghafal Alquran di MI NU Miftahul Huda 02 Karangmalang Gebog Kudus Tahun 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field reseach. Field research yaitu suatu penelitian dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mencari bahan-bahan yang mendekati kebenaran. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui observasi (pengamatan), wawancara (interview), dan dokumentasi terhadap lokus penelitian di MI NU Miftahul Huda 02 Karangmalang Gebog Kudus. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa:1. Implementasi metode sima’i dan takrar dalam meningkatkan kemampuan menghafal Alquran di MI NU Miftahul Huda 02 Karangmalang Gebog Kudus tahun 2018/2019 adalah metode yang mempunyai peran yang sangat penting dan merupakan metode yang sangat efektif digunakan menghafal Alquran untuk anak-anak. Dengan adanya metode sima’i dan takrar seorang penghafal mampu memperkuat hafalannya memalui mendengarkan kaset murotal Alquran atau media audio seperti MP3 dan lain sebagainya.2. Faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan kemampuan menghafal Alquran di MI NU Miftahul Huda 02 Karangmalang Gebog Kudus tahun 2018/2019 meliputi faktor pendukungnya yaitu niat yang ikhlas dari diri sendiri, usia dini atau usia ideal, motivasi dari orang tua dan guru, istiqomah,bersungguh-sungguh dan tekun, mendengarkan kaset alquran. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu bosan dan malas, lupa, ayat yang panjang, ayat yang sama, dan kurang lancar dalam menghafal Alquran. 3. Adapun solusi dalam mengatasi hambatan tersebut yaitu dengan memotivasi diri sendiri supaya tidak malas-malasan, supaya tidak lupa seharusnya seorang penghafal harus sering mengulang-ulang Oleh karena itu MI NU Miftahulah Huda 02 Karangmalang Gebog Kudus menerapkan metode sima’i sebagai upaya meningkatkan kemampuan menghafal Alquran peserta didik dengan fasih dan benar sesuai tajwidnya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Sima’i, Menghafal Alquran |
Subjects: | Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 29 Jun 2021 02:21 |
Last Modified: | 29 Jun 2021 02:21 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4621 |
Actions (login required)
View Item |