Pengaruh Price Eaning Ratio, Market Value Added dan Reputasi Akuntan terhadap Reputasi Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2016-2018

Alawiyah, Tutik (2019) Pengaruh Price Eaning Ratio, Market Value Added dan Reputasi Akuntan terhadap Reputasi Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2016-2018. Undergraduate thesis, IAIN Kudus.

[img] Text
FILE 01. COVER - PENGANTAR.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE 02. ABSTRAK.pdf

Download (716kB)
[img] Text
FILE 03. DAFTAR ISI.pdf

Download (553kB)
[img] Text
FILE 04. BAB I.pdf

Download (930kB)
[img] Text
FILE 05. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE 06. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE 07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
FILE 08. BAB V.pdf

Download (845kB)
[img] Text
FILE 09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (509kB)

Abstract

Tutik Alawiyah, NIM: 1520210004. Pengaruh Price Eaning Ratio, Market Value Added dan Reputasi Akuntan terhadap Reputasi Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2016-2018. Program Strata Satu (S.1) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Ekonomi Syariah IAIN Kudus 2019. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Price earning Ratio (PER), Market Value Added (MVA) dan Reputasi Akuntan terhadap Reputasi Saham Syariah pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Periode yang digunakan dalam penelitian adalah 3 (tiga) tahun, yaitu mulai dari tahun 2016 sampai 2018. Data dalam penelitian ini diperoleh dari data laporan keuangan tahunan perusahaan yang telah dipublikasikan di Bursa Efek Indonesia. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index periode 2016-2018 yaitu sebanyak 30 perusahaan. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah perusahaan yang konsisten terdaftar di Jakarta Islamic Index selama periode 2016-2018 yang diperoleh dengan metode purposive sampling. Berdasarkan kriteria yang sudah ditentukan, didapatkan 17 perusahaan dengan jumlah data penelitian sebanyak 46 data laporan keuangan. Data dianalisis deskripsi statistik, uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji R2, uji t, uji F. Analisis data dilakukan secara kuantitatif menggunakan program SPSS. Hasil data dalam penelitian ini menunjukan bahwa Price Earning Ratio dan Market Value Added tidak berpengaruh secara parsial tetapi berpengaruh secara simultan terhadap Return saham. Sedangkan Reputasi Akuntan berpengaruh secara parsial maupun simultan terhadap Return saham. Kesimpulannya adalah Price Earning Ratio dan Market Value Added tidak relevan untuk digunakan sebagai acuan investor dalam menilai kinerja perusahaan dalam mengukur nilai pasar yang mengaitkan harga saham dan nilai tambah pasar dalam perusahaan. Sedangkan Reputasi akuntan menunjukkan pemeriksaan secara objektif atas laporan keuangan dan kualitas auditor meningkat sejalan dengan besarnya Kantor Akuntan Publik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Price Earning Ratio, Market Value Added, Reputasi Akuntan, dan Reputasi Perusahaan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 330 Ekonomi, Perekonomian
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 29 Jun 2021 04:11
Last Modified: 29 Jun 2021 04:11
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4646

Actions (login required)

View Item View Item