Khasanah, Khanifatul (2020) Penerapan Metode Bermain Estafet Puzzle dalam Meningkatkan Kerjasama Kelompok di RA Miftahul Huda 1 Turirejo Demak Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (581kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (255kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (198kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (460kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (496kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (269kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (350kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (254kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (314kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) untuk mendeskripsikan pelaksanaan penerapan metode bermain Estafet Puzzle dalam meningkatkan kerjasama kelompok di RA Miftahul Huda 1 Turirejo Demak Tahun Pelajaran 2019/2020; dan (2) untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambat pada penerapan metode bermain Estafet Puzzle dalam meningkatkan kerjasama kelompok di RA Miftahul Huda 1 Turirejo Demak Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Disini peneliti mengambil lokasi di RA Miftahul Huda 1 Turirejo Demak. Penelitian ini dilakukan berkolaborasi antara peneliti dan guru kelas. Subyek penelitian dalam penelitian ini ialah Guru Kelas dan informannya adalah kepala sekolah, Orangtua/Wali, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengujian keabsahan data dilakukan dengan tehnik triangulasi yaitu mengecek atau membandingkan data hasil pengamatan dengan data yang diperoleh dari sumber. Setelah data data terkumpul kemudian Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, serta verication (kesimpulan). Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penerapan permainan estafet puzzle dalam peningkatan kerjasama kelompok di RA Miftahul Huda 1 Turirejo Demak Tahun 2019/2020 terdiri atas 3 tahapan kegiatan, yaitu: a) kegiatan pendahuluan, yaitu menyiapkan RPPH dan media yang dibutuhkan seperti puzzle, meja, peluit, b) kegiatan inti, yaitu salam, berdoa, menghafal asmaul husna dan surat surat pendek, menyanyi sambil bertepik tepuk, kemudian pelaksanaan bermain estafet, c) kegiatan evaluasi, yaitu untuk mendapatkan umpan balik tentang kualitas keberhasilan dan d) kegiatan penutup, yaitu memberikan pesan pesan kepada anak. Kondisi permainan estafet puzzle di RA Miftahul Huda 1 Turirejo Demak Tahun 2019/2020, yaitu anak anak merasa senang dan antusias melaksanakannya. Kemampuan kerjasama kelompok anak RA Miftahul Huda 1 Turirejo Demak Tahun 2019/2020 mengalami peningkatan dan Melalui permainan estafet puzzle anak di RA Miftahul Huda 1 Turirejo Demak anak diberi kesempatan untuk melakukan permainan yang membutuhkan kerjasama diantara anggota yang terlibat, sehingga anak anak menjadi terbiasa melakukan kerjasama bersama teman. 2) Faktor pendukung dalam penerapan permainan estafet puzzle dalam peningkatan kerjasama kelompok di RA Miftahul Huda 1 Turirejo Demak Tahun 2019/2020 yang peneliti dapatkan di RA Miftahul Huda 1 Turirejo adalah sarana dan prasarana yang mendukung, antusias anak, metode yang tepat, serta guru yang memahami peran sebagai fasilitator. Sedangkan faktor penghambat yang peneliti temukan yaitu waktu yang terbatas, kondisi anak, dan media yang kurang memadai. Langkah atau solusi yang dilakukan yaitu guru memilih strategi yang tepat dalam proses kegiatan belajar, memahami berbagai karakter anak serta memanfaatkan media yang ada disekitar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Bermain, Estafet Puzzle, Kerjasama Kelompok |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 30 Jun 2021 01:14 |
Last Modified: | 30 Jun 2021 01:14 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4673 |
Actions (login required)
View Item |