Mujab, Mohammad Anas Saiful (2020) Implementasi Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Di MA Yasis At-Taqwa Pahesan Goding Grobogan TahunPelajaran 2019-2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (227kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI-dikonversi.pdf Download (131kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (340kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (402kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (258kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (405kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (156kB) |
|
Text
9. DAFTRA PUSTAKA.pdf Download (324kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan Strategi Pembelajaran SPPKB pada mata pelajaran fikih di MA Yasis At-Taqwa dimana objek yang di teliti adalah siswa kelas XI IPS, serta apa saja kendala yang dihadapi dan bagaimana solusi yang diterapkan. Penelitian ini termasuk jenis penelitian yang bersiat kualitatif. Sumber data adalah Guru Fikih, serta beberapa siswa. Teknik pengumpulan data antara lain : (1) Teknik observasi mengamati tentang saat kunjungan kelas, pertemuan invidu, perilaku guru serta mengamati kemampuan profesional guru saat mengajar, (2) Teknik wawancara mencari data tentang proses pembelajaran dengan menggunakan SPPKB dan bagaimana hasilnya bagi kemampuan berfikir kritis siswa, (3) Teknik dokumentasi berupa visi misi dan tujuan, data siswa dan guru, serta data sarana prasarana. Analisis data antara lain: (1) Reduksi data difokuskan pada perbaikan pembelajaran oleh Kepala Madrasah kepada guru PAI, pengembangan kompetensi, dan perilaku pembelajar, (2) Display data yaitu menyajikan data yang berisikan tentang yaitu pengembangan kompetensi, dimana guru mata pelajaran fikih berusaha melakukan upaya-upaya seperti mengadakan pembelajaran yang mengasah kemampuan berfikir kritis siswa Hasil penelitian yang dilakukan mengungkapkan tiga temuan yaitu (1)bahwa Guru mata pelajaran PAI melakukan proses pembelajaran dengan menggunakan SPPKB di mana dengan penggunaan strategi tersebut siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran hal itu terbukti dengan peningkatan nilai kognitif siswa terutama pada mata pelajaran fikih. (2) Kendala yang dihadapi Guru Mata Pelajaran Fikih dalam pelaksanaan proses peembelajaran yaitu banyaknya siswa yang kurang fokus dengan inti permasalahanya tetapi melebar ke permasalahan yang lain serta waktu yang terbatas. Dengan adanya kendala tersebut, Guru Mata Pelajaran Fikih berusaha untuk bisa meminimalisir kendala tersebut dengan cukup baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan Strategi Pembelajaran SPPKB (Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berfikir); kemampuan berfikir kritis siswa; |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 30 Jun 2021 07:11 |
Last Modified: | 30 Jun 2021 07:11 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4678 |
Actions (login required)
View Item |