Rahmatika, Erna (2020) Implementasi Manasik Haji Pada Hidden Curriculum dalam Meningkatkan Spiritual Quotient Siswa Kelas IX di MTs N 5 Demak. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover-Kata-Kata.pdf Download (510kB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (201kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (143kB) |
|
Text
4. Bab I.pdf Download (235kB) |
|
Text
5.Bab II.pdf Download (759kB) |
|
Text
6. Bab III.pdf Download (320kB) |
|
Text
7. Bab IV.pdf Download (733kB) |
|
Text
8. Bab V.pdf Download (210kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (224kB) |
Abstract
Pembuatan skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: 1.SistematikaImplementasi Manasik Haji pada Hidden Curriculum dalam Meningkatkan Spiritual Quotient Siswa Kelas IX di MTs N 5 Demak. 2. Hasil yang dirasakan peserta didik kelas IX dari Implementasi Manasik Haji pada Hidden Curriculum dalam Meningkatkan Spiritual Quotient Siswa Kelas IX di MTs N 5 Demak. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini berupa file research, dimana peneliti melakukan penerjunan langsung ke lapangan untuk menemukan bahan-bahan yang mendekati kebenaran. Pengguanaan teknik dalam pengumpulan data yaitu dengan melalui cara obeservasi, wawancara, dan dokumentasi pada lokasi serta fokus penelitian di MTs N 5 Demak. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa 1. Implementasi Manasik Haji pada Hidden Curriculum dalam Meningkatkan Spiritual Quotient Siswa Kelas IX di MTs N 5 Demak dilakukan dengan baik, detail dengan pengarahan dari pembina serta coordinator, yang di mana pertama dilakukan pembukaan oleh kepala madrasah lalu semua siswa dilakukan pengarahan ke lokasi-lokasi yang menjadi sasaran implemenatsi manasik haji sesaui dengan runtutan serta waktu yang telah ditetapkan, dalam pemraktikannya siswa juga memperoleh sebuah pengarahan dengan baik mulai dari gerakan, bacaan serta sedikit kutipan pembelajaran atas beberapa rukun-rukun dari manasik haji. 2. Implementasi Manasik Haji pada Hiddden curriculum di MTs N 5 Demak yang diselenggarakan untuk siswa-siswi kelas IX ini memberikan pengalaman-pengalaman yang hampir selaras dengan kegiatan pelaksanaan Ibadah Haji di Mekah.Meskipun tidak secara mendalam penghayatannya, namun setidaknya siswa-siswi mampu mengerti bagaimana rasanya, suasananya, kondisinya, serta gerak-gerakannya yang menyimpan nilai-nilai spiritual. Dengan suasana serta keadaan yang hampir mirip dengan pelaksanaan manasik haji yang sesungguhnya serta adanya nilai tambah berupa penjelasan makna dalam setiap rukunnya mampu memberikan kesan yang bermakna serta sentuhan dalam hati mereka atas kesadaran hidup, jati diri, status keberadaan serta makna keberadaannya di dunia ini. Hal ini juga memberikan pembukaan atas pemikiran serta hati siswa-siswi untuk lebih sadar akan keberadaan Allah Swt dalam setiap tindak serta tujuannya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hidden Curriculum, Manasik Haji, Spiritual Quotient |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Kurikulum |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 07 Jul 2021 03:59 |
Last Modified: | 07 Jul 2021 03:59 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/4736 |
Actions (login required)
View Item |